Sumedang Ajukan 18 Ribu Pencetakan KTP el Pemula di Ditjen Dukcapil Kemendagri

Kota, KORAN SUMEDANG
Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumedang melakukan Percepatan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dengan mengajukan percepatan pencetakan KTP el ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) dan Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

Hal tersebut diungkapkan oleh
Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Disdukcapil, A Beni Triyady bahwa, upaya tersebut dilakukan guna mendukung dan mensukseskan Pemilu 2019 yang tinggal 31 lagi.

"Walaupun dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), bagi penduduk yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket). Akan tetapi Dirjen Dukcapil punya target untuk seluruh penduduk yang terdaftar itu bisa menggunakan KTP el saat Pemilu 2019 nanti. Makanya Dirjen punya target penyelesaian penduduk yang belum rekam dan pencetakan KTP el nya," ujarnya saat dikonfirmasi Korsum di ruang kerjanya, Jumat (14/3).

Karena keterbatasan Disdukcapil Kabupaten Sumedang, lanjut Beni, makanya pihaknya akan mengajukan sekitar 18 ribu pencetakan KTP el ke Ditjen Dukcapil Kemendagri dan PNRI. Dimana pengajuan tersebut akan berakhir pada tanggal 20 Maret mendatang.

"Kita mengajukan karena jika mengejar target sampai 17 April nanti, dimungkinkan tidak akan terkejar. Karena di kita hanya ada dua mesin cetak KTP el, dimana perharinya hanya mampu mencetak sekitar 300 KTP el saja. Makanya kita mengajukan untuk dicetak di Ditjen Dukcapil dan PNRI," tuturnya

Masih kata Beni, pengajuan percepatan pencetakan KTP el ini bukan hanya dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Sumedang saja. Karena untuk Provinsi Jawa Barat terdapat 13 Kabupaten/kota yang mengajukan percepatan tersebut.

"Kalau dilihat dari segi jumlah pengajuan, kita mungkin bisa dikatakan paling sedikit. Karena untuk kabupaten/kota lain ada yang sampai mengajukan hingga 100 ribu pencetakan," ucapnya

Beni juga menambahkan, untuk pengajuan percepatan pencetakan KTP el yang diajukan Kabupaten Sumedang. Merupakan wajib KTP el bagi pemula. Artinya para pemohon yang baru pertama mengajukan KTP el.

"Dan dari sekitar 18 ribu yang kita ajukan, dari data yang diterima KPU hanya 4 ribu pemilih yang non KTP el. Dan sisanya diluar DPT yang punya wajib KTP el," tandasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment