Jatinangor, KORAN SUMEDANG
Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sumedang, melakukan Bimbingan Teknis Intelejen bagi tim Kewaspadaan Dini yang sudah dibentuk. Bintek tersebut dilaksanakan agar Tim Kewaspadaan Dini bisa menjalankan tugasnya sebagai intelejen.

Menurut Kepala Kesbangpol Kabupaten Sumedang, Yayah Rohayah Atang mengatakan, Bimtek intelejen dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri dalam Negri (Permendagri) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

"Jadi tim Kewaspadaan Dini Daerah yang sudah dibentuk, karena harus menjalankan fungsi fungsi intelejen. Supaya mereka bisa berjalan fungsinya, maka saat ini kita berikan bimtek dengan menghadirkan narasumber untuk bisa memberikan Bimtek terhadap tim Kewaspadaan Dini di Daerah dan Kecamatan," ujarnya saat dikonfirmasi Korsum, disela sela kegiatannya, di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kamis (21/3).

Lebih lanjut Yayah menuturkan bahwa, tim Kewaspadaan Dini ini mempunyai fungsi antara lain, untuk merencanakan kewaspadaan dini, berkoordinasi dengan fungsi intelejen lain dalam rangka mencari data, informasi untuk mendeteksi dini di Daerah. Sementara untuk untuk tim Kewaspadaan Dini tingkat Kabupaten itu mengkoordinasikan dengan tim kewaspadaan dini tingkat kecamatan, kemudian menyampaikan masukan ke Bupati dalam hal mengambil kebijakan, apabila ada hal yang tidak diinginkan di Daerah.

"Dan untuk tim kewaspadaan dini tingkat kecamatan itu komposisinya antara lain, ketuanya adalah camat, sekretaris/kepala hariannya adalah Sekcam dan anggotanya yaitu para kepala UPT di Kecamatan dan para Kepala Desa, dan Lurah. Jadi nantinya akan bersinergi sampai ke tingkat Pusat. Dan untuk penanganan permasalahan itu bisa diselesaikan secara berjenjang dari tingkat desa hingga kabupaten," tandasnya

Sementara itu ditempat yang sama Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengatakan, dengan adanya tim kewaspadaan dini ini diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan dini dan mencegah berbagai macam hal yang tidak kita inginkan.

"Apalagi dalam waktu dekat kita akan melaksanakan Pemilih Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019. Tentunya dengan adanya tim ini diharapkan bisa mencegah segala kerawanan yang terjadi," ujarnya

Wabup juga menambahkan, agar tim ini bisa berjalan dengan baik, pihaknya tentunya akan melakukan evaluasi terhadap kinerja tim tersebut.

"Saya selaku ketua tim Puskominda (Pusat komunikasi informasi daerah) Kabupaten Sumedang. Akan melakukan evaluasi bersama setiap dua bulan sekali," tandasnya ** [Acep Shandy].