Wujudkan Program Bersinar BNN Jabar Tekan Peredaran Narkoba Hingga Desa

Kota, KORAN SUMEDANG
Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat (Jabar) akan menyasar hingga ke RT RW, guna mewujudkan Desa Bersih Narkoba "Bersinar". Upaya tersebut merupakan komitmen BNN untuk terus memberantas narkoba di masyarakat. Pasalnya peredaran narkotik sudah sampai ke pedesaan.

Hal tersebut disampaikan oleh
Kepala BNN Jabar, Brigjen Sufyan Syarif didampingi Kepala BNNK Sumedang AKBP Kunto Prasetyo SH bahwa, pihaknya mengajak aparat kewilayahaan dan elemen masyarakat di pedesaan bersama-sama memberantas peredaran narkoba.

"Masalah narkoba itu sekarang menyasar daerah Urban yaitu Desa yang berkembang kearah modern. Untuk Jabar itu hampir setiap Kabupaten ada, termasuk di Sumedang. Perubahan masyarakat dari tradisional menjadi modern ini rawan dimasuki sindikat, paham paham atau mind set tentang kehidupan maju disertai Narkoba. Serta pengaruh media sosial dan juga perubahan ekonomi. Makanya perlu pencegahan dan pengawasan dan pemberantasan dari sektor terujung yaitu desa. Untuk itu diluncurkan program Desa Bersih Narkoba "Bersinar," ucapnya ketika dikonfirmasi Korsum, saat mengunjungi Kantor BNNK Sumedang, Rabu (6/3).

Guna mewujudkan program Desa Bersinar tersebut, lanjut Sufyan, pihaknya mengajak seluruh unsur masyarakat agar turut serta mengawasi, mencegah, merehabilitasi serta memberantas narkoba dikalangan masyarakat itu sendiri.

"Program Desa Bersinar itu nantinya akan diawaki oleh Kepala Desa, Bhabinkantibmas, Babinsa dan Puskesmas untuk upaya penyembuhan. Untuk pencegahannya nanti akan disosialisasikan melalui masyarakat, sekolah, pesantren, karang taruna, PKK dan tokoh masyarakat. Jadi nantinya bersama sama, konprehensif, simultan dan berkesinambungan. Dan ini diharapkan menjadi sistem budaya di masyarakat, karena sudah menjadi budaya masyarakat menolak narkoba. Sehingga semua kelompok masyarakat menolak keberadaan narkoba," ujarnya

Sufyan juga menambahkan, sejak digulirkannya program ini, saat ini sudah banyak desa desa yang terprogram secara mandiri di Jabar, termasuk di Kabupaten Sumedang terdapat 7 desa di Kecamatan Sumedang Selatan dan 1 desa di Kecamatan Sumedang Utara.

"Nanti kedepannya diharapkan semua desa mandiri dan menyatakan menolak narkoba  hingga RT, RW. Dan untuk mewujudkan itu kita setiap tiga bulan sekali, tetapi walaupun baru berjalan enam bulan sudah menggaung di lingkungan masyarakat dan pemerintahan," tandasnya ** [Acep Shandy]

Posting Komentar

0 Komentar