Dimasa Tenang Baliho partai Masih “Anteung” bertebaran

Sumut, KORAN SUMEDNAG.
Dimasa tenang ini, masih banyak baliho partai berjejer di semua jalan, baik jalan Nasional, jalan Kabupaten Ataupun jalan desa. Padahal sesuai dengan aturan bahwa dimasa tenang tersebut baliho partai harus sudah bersih.

Dikatakan Mang Cinot salah satu warga Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara (Sumut) bahwa baliho partai masih berjejer terpasang di sepanjang jalan Talun, apalagi di daerah jalan yang lain dipastikan akan sama.

“Bukan masalah partainya ataupun bukan masalah calegnya, yang saya pertanyakan, kenapa baliho tersebut sampai sekarang masih saja terpasang? Kan sudah tahu ini memasuki masa tenang, para caleg ataupun partai selalu mentaati aturan, lalu kenapa sekarang baliho tersebut masih dibiarkan? Kemana Panwascam? Kemana Sat Pol PP?,”tanya Mang Cinot saat dikonfirmasi Koran Sumedang Minggu (14/4) melalui pesan WhatsApp.

Di sepanjang jalan Talun, kata Mang Cinot, baliho partai dan caleg masih rembel Dimana mana, di jalan Talun saja masih seperti ini, apalagi di jalan yang lain.

“Saya meyakini, baliho partai dan caleg di jalan yang lain tidak akan bedanya dengan di jalan Talun, coba atuh aturan teh di laksanakan dan di taati sebaik baiknya, jelas kan ini tanggung jawab siapa? Sareukseuk pisan aturan di jieun malah di lalaikeun,”tandasnya.

Di waktu yang sama, Dikonfirmasi komisioner Bawaslu Kabupaten Sumedang Divisi pencegahan, hubungan masyarakat, dan hubungan antar lembaga Haidar Usman mengatakan bahwa pembersihan Seluruh APK termasuk baligo didalamnya berlaku dari awal masa tenang ini sampai satu hari menjelang pemungutan dan penghitungan suara.

“Terkait dengan aturannya UU 7 pasal 276 ayat 2 secara tersurat menjelaskan bahwa kampanye pemilu salah satunya adalah pemasangan alat peraga ditempat umum berahir sampai dimulainya masa tenang,”ujarnya.

Ia melanjutkan, Peraturan KPU 23 tahun 2018 pasal 34 ayat 8 jelas bahwa APK itu harus dibersihkan paling lambat 1 hari sebelum pemungutan suara.

“Peraturan Bawaslu nomor 28 tahun 2018 menjelaskan jika ada APK yang melanggar ketentuan Perundang undangan maka pengawas memberikan rekomendasi kepada fihak terkait dalam hal ini Sat Pol PP Kabupaten Sumedang untuk dilakukan penurunan dan pembersihan ApK.
Dijelaskan Haidar Usman, Pembersihan sudah dimulai pukul 00 tadi malam sebagai penanda mulai masuk masa tenang. Fokus pembersihan malem dilakukan diseputar kota,”ujarnya.

Lebih jauh Haidar melanjutkan, sudah mengintruksikan seluruh jajaran pengawas dari tingkat kecamatan sampai ke bawah untuk bergerak dengan berkoordinasi pemerintah setempat tentunya.

“Dikecamatan ada yang dilakukan mulai malam tadi. sebagian lagi dimulai pada pagi hari ini serentak diseluruh kecamatan. target kami dihari ini seluruh Alat peraga kampanye bisa diturunkan dan dibersihkan pada hari ini agar sisa 2 hari masa tenang kami bisa fokus dalam kerja2 pengawasan lain,”pungkasnya.**[Dady]
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment