Hari Jadi Sumedang ke 411 Ratusan Orang Ikuti Pelatihan Dasar Penanggulangan Bencana

Cimalaka, Koran  Sumedang
Pelatihan dasar penanggulangan bencana di selenggarakan atas keprihatinan dengan seringnya terjadi bencana dan Juga merupakan salah satu upaya dari semar (Sumedang Mandiri Rescue) untuk dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan juga rekan-rekan relawan agar lebih trampil dalam memberikan pertolongan terhadap korban bencana alam.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari jadi Sumedang yang ke 441 tahun, selain itu juga merupakan kegiatan untuk memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang di peringati setiap tanggal 26  april.

Kegiatan PDPD yang kali pertama ini di lakukan oleh SEMAR di laksanakan di komplek bumi perkemahan Gajah Depa yang berada di Desa Galudra, Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat, kegiatan ini di isi oleh 11 pemateri dari BNPB, BPBD Provinsi,BPBD Sumedang Basarnas, Wanadri, AMP Kedokteran UNPAD, Vertikal Rescue Indonesia, PMI Sumedang, Kodim 0610 Sumedang, MPBS Indonesia dan juga MDMC Sumedang.

Kegiatan ini di laksanakan selama dua hari pada tanggal 20-21, pada hari pertama di laksanakan pembukaan kegiatan dan berlanjut dengan materi dari manajemen bencana, manajemen posko, peran TNI dalam penanggulangan bencana, Forum Pengurangan Bencana, karakteristik bencana, pertolongan pertama gawat darurat (PPGD), teknik pertolongan ketinggian, peran MDMC dalam penanggulangan bencana, dan Juga pelayanan dan kerjasama Oprasi pencarian dan pelayanan korban bencana serta Penyelamatan diri sendiri. Kegiatan ini di ikuti oleh 100 peserta, dari berbagai civitas organisasi pecinta alam yang ada di wilayah Sumedang dan juga jawa barat.**(F. Arif)
Share on Google Plus

About Koran sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment