Kota, koran  Sumedang
Ibu Bupati Sumedang Hj. Susi Gantini  meresmikan Taman Baca Sumedang Utara di lingkungan alun-alun  Tegalkalong pada Kamis, (4/4/2019).  Taman bacaan yang berada tepat di samping Kantor Dinas Pendidikan tersebut, merupakan ruang publik untuk membaca.

Persemian dihadiri oleh para Staf  Kecamatan Sumedang Utara beserta organisasi Perangkat Daerah (OPD), anak TK, pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA yang ada di lingkungan Sumedang Utara.

Menurut  Camat  Sumedang Utara   Dikdik Syeh Rizki mengatakan Tujuan adanya taman bacaan  ini  untuk membangkitkan dan meningkatkan minat baca masyarakat sehingga tercipta masyarakat yang cerdas dan selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Taman  bacaan  dapat menjadi sebuah wadah kegiatan belajar masyarakat  dan mendukung peningkatan kemampuan aksarawan baru dalam pembrantasan buta aksara sehingga tidak menjadi buta aksara kembali." tuturnya

Lebih  jauh  Dikdik  mengatakan, keberadaan TBM sebagai sumber pembelajaran yang sangat penting, karena TBM tidak hanya sebagai tempat membaca, namun juga untuk tempat mencari informasi.

"Salah  satu  fungsi Taman Bacaan Masyarakat Yakni  untuk memenuhi peranannya sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi pembelajaran seumur hidup, TBM mempunyai fungsi sebagai tempat belajar dan mencari informasi yang dibutuhkan masyarakat, baik mengenai masalah yang langsung berhubungan dengan masalah pendidikan maupun tidak berhubungan dengan pendidikan". katanya.

"Sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah, khususnya program keaksaraan. Sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan Iainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat." jelasnya

Lebih  jauh  Camat menjelaskan TMB merupakan Sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan bahan - bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk memanfaatkan waktu senggang untuk memperoleh pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.

"Untuk meningkatkan kualitas TBM dalam rangka merealisasikan masyarakat budaya baca, TBM juga mempunyai manfaat sebagai medium pengembangan budaya baca masyarakat demi tercapainya masyarakat berbudaya baca yang berpengalaman, kritis, beradab, maju, dan mandiri yang dapat dicapai oleh masyarakat itu sendiri."Jelasnya**(F. Arif)