Kota, Koran  Sumedang
Sebanyak 140 orang Pengurus Unit Pengelola Zakat (UPZ) Kecamatan Se-Kabupaten Sumedang Tahun 2019 dilantik Kepala Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumedang, H. Ali Badjri bertempat di Gedung Negara, Jumat (5/04).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Nomor : 26/SK. BAZNAS. KAB-SMD/2019 sampai dengan Surat Keputusan Nomor :51/SK. BAZNAS. KAB- SMD/2019 tentang Pembentukan Pengurus Unit Pengumpul Zakat se-Kecamatan Kabupaten Sumedang Tahun 2019.

Acara tersebut dihadiri secara langsung oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, unsur Forkopimda, para Kepala SKPD, para Camat, Kabag Kesra Setda Kabupaten Sumedang, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Pelantikan tersebut diselenggarakan sekaligus dengan penyerahan Bantuan dari Baznas sebesar Rp. 600.000.000,- (Enam Ratus Juta Rupiah), yang dialokasikan dalam Bantuan Sarana Keagamaan /Dakwah /Rehab Pontren dan Masjid sebesar Rp. 234.000.000,- (Dua Ratus Tiga Puluh Empat Juta Rupiah), Bantuan Pendidikan sebesar Rp. 24.000.000 (Dua Puluh Empat Juta Rupiah), Bantuan Kaki dam Tangan Palsu untuk Penyandang Disabilitas sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah), Bantuan Modal Usaha Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), Bantuan Keranda untuk DKM Rp. 7.500.000,- (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu rupiah), Bantuan Rutilahu Rp. 170.000.000,- (Seratus Tujuh Puluh Juta Rupiah), Bantuan Pembiayaan Air Bersih dan Sanitasi Rp. 60.000.000,- (Enam Puluh Juta Rupiah), Bantuan Kursi Roda Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah), Bantuan Komputer dan Printer bagi UPZ Dinas/Instansi Rp. 24.000.000,- (Dua Puluh Empat Juta Rupiah), Bantuan tersebut dalam Program Pemberdayaan Zakat Baznas Sumedang.

Kepala Baznas Kabupaten Sumedang Ali Bazri mengatakan UPZ merupakan ujung tombak di bidang pengumpulan zakat, UPZ juga memiliki peran penting dalam mewujudkan optimalisasi pengelolaan zakat.

“Meningkatnya hasil penghimpunan zakat tentu memberikan dampak terhadap   meningkatnya program pemberdayaan zakat   yang dapat dimanfaatkan untuk  meningkatkan kesejahteraan umat, oleh karena itu, para pengurus UPZ diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya dalam rangka mengurangi angka Kemiskiman di Kabupaten Sumedang, "ujarnya.

Masih menurut Ali, terkait dengan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Baznas ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam tercapainya visi Sumedang Simpati dalam upaya mementaskan kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

Sementara itu Bupati mengapresiasi berbagai upaya dan kiprah telah dilakukan Baznas Sumedang dalam mewujudkan program bantuan yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sumedang.

"Saya harap Baznas dapat terus menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki agar mampu memberikan daya dukung terhadap pencapaian program pegentasan kemiskinan di Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Dikatakan Bupati Lebih Lanjut, terkait penyerahan bantuan ini sebagai bentuk dimensi sosial dari pendayagunaan Zakat dalam rangka turut meringankan beban masyarakat.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan sehingga pemanfaatannya dapat dirasakan oleh saudara-saudara kita yang kurang beruntung, "katanya.

Bupati mengucapkan selamat kepada Seluruh Pengurus UPZ Kecamatan se-Kabupaten Sumedang yang baru dilantik.

"Kepada Seluruh pengurus UPZ yang baru saja dilantik, diharapkan mampu menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya serta senantiasa melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan pihak Pemerintah Tingkat Kecamatan,  Tokoh masyarakat, Ulama dan Tokoh Keagamaan,  serta pihak-pihak yang berkaitan dengan pengelolaan Zakat pada Tingkat Kabupaten, sehingga mampu mewujudkan peningkatan kinerja aparatur sekaligus melaksanakan evaluasi dan perbaikan kinerja di masa yang akan datang". pungkasnya.**(FAthul Arif)