Kota, Koran  Sumedang
Masa kampanye terbuka pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 secara resmi telah berakhir Sabtu (13/4/2019) tengah malam.

Bertepatan dengan hari tenang Badan Pengawas Pemilu  Kecamatan Sumedang Utara melakukan penertiban ratusan alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang pada sejumlah titik.

Ketua Panwascam Sumedang Utara Dadang Suryana mengatakan sampai pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara 17 April mendatang seluruh peserta pemilu dilarang berkampanye.

“Untuk itu hari ini kami berkomitmen menertibkan APK bersama Satuan Poliri Pamong Praja (Satpol PP) sampai hari Selasa (16/4/2019) mendatang seluruhnya yang masih terpasang baik calon perseorangan, parpol atau pasangan calon,” terangnya kepada Korsum.net , Ahad (14/4/2019).

Menurut Dadang, penertiban APK juga dilakukan pada beberapa posko pemenangan seluruh peserta pemilu sesuai aturan yang berlaku.

Sebelumnya Bawaslu telah mengirimkan surat supaya APK diturunkan sendiri tetapi jika tidak dilakukan petugas melakukan penertiban.

“Dan kebanyakan memang tidak diturunkan secara mandiri. Jadi hari ini kami turunkan bersama tim gabungan dengan Polri, Satpol PP, dan KPU,” katanya.

Sedangkan APK yang masih, terpasang khususnya pada baliho berukuran besar dan berbayar karena bertepatan dengan hari libur, maka penertiban baru akan dilakukan besok Senin (15/4/2019).

“ Puluhan tim gabungan  dengan pengawalan aparat. Masing-masing Desa diterjunkan beberapa personil dari Bawaslu, KPU, dan Satpol PP menyisir segala bentuk APK dan ukuran yang masih terpasang saat hari tenang ini,” jelasnya.(Fathul  Arif)