1.200 Personil Gabungan Diterjunkan Pada Arus Mudik Lebaran 2019

Kota, KORAN SUMEDANG
Polres Sumedang menerjunkan  1.200 personil gabungan, dalam Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2019. Terdiri dari 700 personil kepolisian, 150 personil TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas serta Dinas Kesehatan.

"Mereka akan disebar di 10 pos yang terdiri dari tujuh pos pengamanan, dua pos pelayanan dan satu pos pantau, di sepanjang jalur arus mudik," kata Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo usai gelar pasukan di Mapolres Sumedang, Selasa (28/5).

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, ada dua titik konsentrasi utama yang menjadi prioritas pengamanan, yakni ruas Jalan Bandung - Cirebon dan ruas Jalan Bandung - Garut, atau lebih tepatnya kawasan Rancaekek.

"Yang terpenting, nanti apabila nanti ada pengalihan arus dari arah Tasik Kota saat arus balik, jika ada penumpukan kendaraan, maka akan dialihkan ke jalur Wado, Majalengka dan diarahkan menuju Tol Cipali, sehingga akan mampu mengurai kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Gentong," tegasnya

Selain itu, lanjutnya lagi, pihaknya juga akan memberlakukan one way (satu arah), jika memang diperlukan. Sebagai mana sebelumnya,  jalur yang dianggap berpotensi terjadi macet, berada di kawasan Jatinangor, Tanjungsari dan kawasan PT Kahatex.

"Nantinya akan ada beberapa  jalan yang akan kita berlakukan one way, untuk mengurangi kepadatan kendaraan," ujarnya.

Kapolres juga menambahkan, untuk jalur yang dinggap rawan bencana alam, berada di kawasan Cadas Pangeran.

"Akan tetapi pemerintah sudah melakukan antisipasi dari jauh - jauh hari, dengan melakukan penebangan pohon yang dianggap berpotensi roboh serta pembangunan TPT pada tebing - tebing di sepanjang jalur lalulintas di sekitar cadas pangeran," ucapnya.

Kapolres berpesan terhadap para pengguna jalan/pemudik, agar tetap waspada, jaga konsentrasi serta mentaati peraturan lalulintas.

"Kabanyakan kecelakaan terjadi, akibat melanggar rambu - rambu lalulintas, dan tidak konsentrasi saat mengemudi." ucapnya. ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment