Baznas Sumedang Terima Kunjungan Studi Banding DPRD Garut

Kota, Koran  Sumedang
DPRD Kabupaten Garut melakukan studi banding, koordinasi dan konsultasi ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sumedang , Jumat, 17 Mei 2019.

Rombongan Komisi  IV DPRD Kabupaten Sumedang berjumlah 12  dan  diterima langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Sumedang  H Ali Badjri didampingi Sekretaris Dedi  Supriatna dan  Amil  bidang SDM dan  Umum Dadan.

“Koordinasi dan konsultasi DPRD Kabupaten Garut ke Baznas Kabupaten Sumedang dalam rangka studi  banding tentang Pengelolaan Zakat,” jelas, Ketua  komisi IV DPRD  Garut Asep D Maman kepada Korsum di gedung Baznas Kabupaten Sumedang .

Dikatakan, Kabupaten Garut ingin  seperti Kabupaten Sumedang  dalam  hal pengelolaan  Zakat.

“Kami ingin tahu lebih lengkap soal pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian zakat,” ungkap Asep.

Menurutnya, zakat bukan hanya kewajiban dalam rukun Islam, juga sebagai instrumen untuk kegiatan sosial. Ada potensi yang bisa digali dari zakat.

“Kita akan mensosialisasikan kepada masyarakat Garut mengenai pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian zakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, ia akan berusaha untuk merumuskan agar bisa menggali zakat bukan hanya dari para aparatur sipil negara, namun juga bisa menembus sektor swasta dan perorangan.

Kabupaten Garut , sambung Asep hampir sama dengan Kabupten Sumedang , yakni masyarakatnya heterogen.

“Di Kabupaten Garut sebagai banyak perusahaan, akan diupayakan untuk menggali potensi zakat di luar aparatur sipil negara. Yakni pengusaha dan perseorangan,” ungkap dia.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Sumedang, H Ali Badjri mengaku bersyukur jajarannya mampu bekerja dengan solid dan maksimal sehingga semua yang dilakukan awalnya dirasa tidak mungkin namun kini semua menjadi mungkin.

“Pak Bupati H. Dony  Ahmad  Munir bayar zakat langsung ke Baznas. Beliau menganjurkan kepada ASN untuk bayar zakat,” terangnya.

Atas keberhasilan itu, sambung H Ali, Kabupaten Garut ingin lebih tahu informasi yang dilakukan oleh Baznas kabupaten Sumedang .

“Di sini, Baznas Sumedang melakukan pendekatan ke semua lembaga pemerintah. Kita lakukan ga salah alamat. Garut sangat merespon itu, karena mereka belum maksimal melakukan. Kita sampaikan trik-trik penyuluhan kepada Unit Pengumpul Zakat,” beber Ketua Baznas Kabupaten  Garut , H Ali.

Sampai kini, tambahnya, Baznas Kabupaten Sumedang masih melakukan pendekatan kepada semua institusi. Generasi yang kini menangani zakat di kabupaten Sumedang , sungguh-sungguh dalam mengemban amanah umat sehingga pengelola dan pendistribusian zakat berdaya guna maksimal."pungkasnya**(F. Arif)

Posting Komentar

0 Komentar