Bupati Harus Meminta Persetujuan DPRD Untuk Pergantian Setwan yang Baru

Kota, KORAN SUMEDANG
Jelang rotasi mutasi yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah dalam waktu dekat, DPRD menghimbau agar pemerintah daerah harus menyodorkan nama bagi pengganti Sekretaris Dewan (Setwan) DPRD Kabupaten Sumedang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Politisi Partai Golkar, Yogi Yaman Sentosa bahwa, untuk pergantian Setwan yang baru, Bupati harus menyodorkan tiga nama kepada pimpinan DPRD.

"Intinya Bupati harus menyerahkan 3 nama untuk disetujui oleh Pimpinan DPRD dan nantinya dewan akan melakukan musyawarah dan menentukan siapa yang layak menjadi Setwan," ujarnya saat dikonfirmasi Korsum, Sabtu (25/5).

Yogi mengatakan, saat ini Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) sudah melakukan Job fit terhadap 24 Kepala SKPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang dan hasilnya sudah ditangan Bupati. Akan tetapi hingga saat ini DPRD belum juga menerima 3 nama untuk pengganti Setwan.

"Ya kan informasinya rotasi mutasi akan dilakukan dalam waktu dekat. Seharusnya Bupati segera menyodorkan 3 nama untuk pengganti Setwan ke DPRD," ucapnya.

Yogi juga menegaskan, dalam menentukan Sekwan itu diatur dalam UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Jadi kalau Bupati Sumedang melantik Setwan tanpa sebelumnya meminta persetujuan DPRD, tentunya itu sudah melanggar UU 23. Dan DPRD bisa menolaknya jika tidak sesuai dengan amanat UU 23," ucapnya

Selain itu Yogi juga mengatakan, pimpinan DPRD juga bisa mengembalikan 3 nama usulan Bupati tersebut apabila tidak memenuhi kriteria DPRD, untuk mengusulkan kembali 3 nama.

"Tadi kan kriterianya harus bisa melakukan komunikasi yang baik antar DPRD dan Pemerintah. Dan jika nama yang diusulkan tidak layak atau dinilai tidak bisa menjembatani dan tidak mempunyai komunikasi yang baik, tentunya kita bisa mengembalikan usulan tersebut, dan meminta Bupati mengusulkan 3 nama lagi," tandasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman memastikan saat ini dirinya telah melakukan seleksi atau job fit (proses evaluasi jabatan) terhadap 24 Kepala SKPD untuk rotasi mutasi jabatan. Dan hasilnya sudah berada ditangan Bupati Sumedang.

"Barusan saya dan kepala BKPSDM, Endi Ruslan sudah menyampaikan hasilnya. Dan Pa Bupati dan Wakil Bupati sudah melihat seperti apa laporan yang sudah dilakukan oleh Pansel. Kemudian atas kewenangan Bupati untuk menentukan para pejabat yang bersangkutan akan segera dilantik. Akan tetapi sebelum para pejabat tersebut dilantik akan kita ajukan ke Komisi ASN (KASN), karena KASN tugasnya mengawasi apakah sesuai dengan aturan, kompetensi kinerja apa tidak," terangnya saat dikonfirmasi Korsum beberapa waktu lalu di Gedung Negara.

Herman juga menegaskan, pada prinsipnya Bupati Sumedang betul-betul berintegritas dalam menentukan rotasi mutasi jabatan.Akan tetapi ketika disinggung hari H pelantikan, Herman enggan menyebutkan kapan rotasi mutasi jabatan akan dilaksanakan.

"Pa Bupati mengikuti kaidah-kaidah sesuai dengan UU ASN dan PP 11 tahun 2017 tentang PNS. Soal waktu tunggu saja," tandasnya. ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment