Caleg Partai Golkar Ajukan Gugatan ke MK Terkait Hasil Rekapitulasi KPU Sumedang

Kota, KORAN SUMEDANG
Salah seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Golkar, dikabarkan mengajukan gugatan hasil rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal tersebut dibenarkan oleh Divisi Teknis dan Divisi Teknis dan Penyelenggraan pada KPU Sumedang, Iyan Sopian bahwa, kalau dilihat dari regestrasi di MK Caleg No 1 dari Partai Golkar menggugat hasil perhitungan suara Kecamatan Cibugel, Wado, Situraja dan tanjungkerta.

"Tetapi hingga saat ini KPU belum menerima surat dari MK mengenai daerah mana saja yang ada gugatan. Karena di MK Masih proses perbaikan berkas selama 3 hari, dan nanti MK akan mengumuman pengggugat yang berkasnya lengkap dan layak disidangkan," ujarnya Iyan saat dikonfirmasi Korsum melalui sambungan teleponnya, Sabtu (25/5).

Adapun nanti jika ada surat dari MK, lanjut Iyan, surat tersebut nanti akan menjadi pedoman KPU dalam menetapkan calon terpilih.

"Ya kalau nanti ada surat gugatan dari MK, tentunya kita akan menyiapkan berkas yg dibutuhkan dipersidangan misalnya hasil penyelenggaraan setiap tingkat di KPPS, PPK dan KPU tingkat Kabupaten. Dan juga berkas lainnya yang dibutuhkan," tegasnya

Iyan juga menambahkan, pihaknya memastikan dalam menyelenggarakan Pemilu 2019 ditingkat Kabupaten Sumedang sudah sesuai prosedur.

"Kita juga tentunya akan menyiapkan berkas hasil pemungutan di KPPS dan rekapitulasi di tingkat PPK dan KPU kabupaten yang pada prinsipnya sudah diterima para saksi pada penyelenggaraannya disetiap tingkatan," tandasnya

Ditempat terpisah Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Sumedang, Yogi Yaman Sentosa ketika dikonfirmasi akan hal tersebut membenarkan adanya pengajuan gugatan ke MK.

"Iya informasinya dari tingkat pusat yang mengajukan gugatan ke MK," jawabnya singkat saat dikonfirmasi Korsum. ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment