Penetapan Anggota DPRD Sumedang Terpilih Tunggu Putusan MK

Kota, KORAN SUMEDANG
Walaupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang telah selesai melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara pada 30 April lalu. Akan tetapi hingga saat ini KPU belum menetapkan 50 Anggota legislatif terpilih yang akan menduduki kursi di DPRD.

Menurut Divisi Teknis dan Penyelenggraan pada KPU Sumedang, Iyan Sopian, mengatakan, untuk penetapan  anggota DPRD Sumedang terpilih KPU Kabupaten/Kota harus menunggu penetapan secara nasional pada tanggal 22 Mei oleh KPU RI. Selain itu pihaknya juga harus menunggu apakah pemilu di Kabupaten Sumedang digugat atau tidak oleh pihak-pihak yang merasa tidak puas dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Nanti kalau sudah ditetapkan KPU RI, kita juga menunggu apakah kita digugat atau tidak, oleh peserta pemilu yang tidak puas ke MK yang waktu maksimalnya 3 hari pasca penetapan nasional. Jadi setelah diumumkan MK dan sumedang tidak ada yang menggugat baru KPU Kabupaten/Kota boleh menetapkan anggota legislatif terpilih," ujarnya saat dikonfirmasi Korsum di ruang kerjanya, Senin (13/5).

Lebih lanjut Iyan mengatakan, untuk proses penetapan anggota legislatif terpilih, serta pembagian kursi tidak akan memakan waktu lama.

"Sebenarnya dari hasil penetapan rekapitulasi tingkat Kabupaten Sumedang juga, untuk menentukan anggota legislatif terpilih itu sudah bisa kelihatan dan bisa dihitung juga. Dan KPU tinggal dibagi dengan metode Sainte Lague atau bilangan pembagi ganjil," jelasnya

Adapun hal yang bisa merubah hasil penetapan kursi dewan dan calon terpilih, lanjut Iyan, adalah para peserta Pemilu yang mengajukan gugatan ke MK.

"Hanya putusan MK yang bisa merubahnya. kalau tidak ada yang menggugat, berarti clear ada perubahan," tandasnya ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Koran sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment