BPBD Sumedang Antisipasi Ancaman Kemarau

Kota, Koran Sumedang
Memasuki musim kemarau, ancaman kekeringan hingga potensi rawan kebakaran biasanya lebih besar. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang siap mengantisipasinya.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, ancaman kekeringan di Kabupaten Sumedang kerap terjadi di beberapa wilayah kecamatan Buahdua, Conggeang, Ujungnya dan  wilayah lainnya. Sedangkan potensi kebakaran, yakni ilalang dan pembakaran sampah.

Kepala Badan  H. Ayi Rusmana melalui Kepala Seksi  kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang , Yedi  mengatakan, BPBD tetap melaksanakan monitoring terhadap daerah-daerah yang berpotensi rawan kekeringan.

"Kami juga senantiasa berkoordinasi dengan dinas terkait, PDAM dan PUPR  dalam upaya penanggulangan bencana kekeringan. Adapun daerah -daerah yang rawan kekeringan di kabupaten  Sumedang berdasarkan data tahun  2018 yakni  ada  sepuluh  kecamatan 33 desa yang  tersebar di  kabupaten Sumedang dengan  jumlah  jiwa terdampak 8411 orang dan  data  ini  kemungiknan  bertambah atau  berkurang.  Sesuai  kondisi musim  kemarau tahun  ini." Ujarnya di kantor BPBD Kabupaten Sumedang Jln. Empang 01, Jumat(28/6/2019).

Dikatakannya, hingga saat ini BPBD Kabupaten Sumedang belum menerima laporan resmi soal kekeringan atau kekurangan air.  Meski begitu, pihaknya tetap standby apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan dari BPBD.

"Personel kita standby 24 jam, ada 12 orang. Meski sudah masuk musim kemarau, dari seksi kami  belum mengajukan status darurat kekeringan, karena dari BMKG belum menerbitkannya," ucap Yedi.

Di musim kemarau ini, pihaknya mengimbau masyarakat  untuk senantiasa memanfaatkan air seefisien mungkin. Serta selalu berkoordinasi dengan instansi terkait bila membutuhkan bantuan kekurangan air bersih di wilayahnya.

"Masyarakat juga diimbau agar selalu waspada akan bahaya bencana kebakaran, karena di musim kemarau rentan bahaya kebakaran hutan dan lahan," imbuhnya.**(F. Arif)
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment