Bupati Sumedang Beri Arahan Pembinaan Dosen YPSA

Pegawai YPSA dan YPS Bersama Bupati Sumedang
H. Dony Ahmad Munir
Kota, Koran Sumedang
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menekankan tentang pentingnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk  memenangkan persaingan pada era kompetisi global.

Hal tersebut disampaikan bupati saat memberikan arahan pada acara pembinaan Dosen Sekolah Tinggi Yayasan Pendidikan Sebelas April (YPSA) Sumedang, di Aula HES YPSA Sumedang, Sabtu (15/6/2019).

Ia mengatakan, dalam menghadapi tantangan kedepan yang penuh perubahan dan semakin berat, diperlukan SDM yang memiliki kompetensi dan skill yang memadai.

Dikatakan, peranan Universitas Sebelas April (UNSAP) Sumedang menjadi sangat krusial untuk menyiapkan generasi yang memiliki kualifikasi dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi era persaingan global.

"Tantangan kita kedepan semakin berat jika kita tidak mempersiapkan  SDM dengan baik. Kita tidak bisa masuk dalam persaingan global jika tidak punya daya saing yang tinggi. Untuk itulah, UNSAP diharapkan bisa menciptakan mahasiswa yang memiliki daya saing tinggi dengan kualifikasi kompetensi skill yang spesifik dalam menghadapi ketatnya era persaingan global" ujar bupati.

Lebih jauh Bupati mengatakan , saat ini APK perguruan tinggi di Jawa Barat berada pada angka 32 % dibawah rata-rata Nasional dengan rasio dari 100 orang indonesia hanya 30 orang yang mengenyam pendidikan pada perguruan tinggi. Di Kabupaten Sumedang sendiri ketika diukur oleh BPS pada tahun 2018, angka harapan sekolah masih tergolong rendah, rata-rata hanya sampai kelas 3 SLTA. Hal ini, kata bupati, jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara malaysia yang hampir mendekati angka 100 persen.

Dengan rendahnya APK tersebut, bupati mengharapkan, kehadiran pendidikan tinggi di Sumedang saat ini bisa lebih mendekatkan pendidikan dan bisa menyerap masyarakat untuk mengenyam pendidikan diperguruan tinggi. Tak hanya itu, Bupati mengapresiasi berbagai bentuk dukungan yang telah diberikan dan ia pun meminta, agar UNSAP bisa terus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dalam memberdayakan mahasiswa, alumni dan para dosennya.

"Terimakasih atas segala bentuk perhatian, dukungan dan bantuan UNSAP kepada Pemda Sumedang dalam mewujudkan realisasi Visi Misi Sumedang Simpati termasuk dalam membangun pendidikan tinggi yang lebih mendekatkan pada peningkatkan APK perguruan tinggi. Saya meminta, UNSAP bisa terus berkolaborasi dengan Pemda. Silahkan jadikan Sumedang sebagai laboratoriumnya UNSAP untuk dijadikan penelitian bagi mahasiswa, Alumni dan Dosennya. Apapun masalah UNSAP bupati akan ikut memecahkannya" jelasnya

Acara tersebut dihadiri perwakilan lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah IV, Pembina, Pengawas, Pengurus, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan seluruh Civitas Akademika di lingkungan Yayasan Perguruan Sebelas April Sumedang dan Yayasan Pendidikan Sumedang.**(Fathul Arif)

Posting Komentar

0 Komentar