Kini Bayar PBB Bisa Melalui Bumdes

Kota, KORAN SUMEDANG.
Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang telah melakukan kerjasama dengan bank Bjb Sumedang dalam kegiatan launching di aula bank Bjb Sumedang tadi siang, Selasa (17/6), guna peningkatan dan pengoptimalan serta mendorong PAD.

Hasil MoU tersebut Bappenda Kabupaten Sumedang memberdayakan Bumdes dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak dalam membayar PBB P2 dapat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) diantaranya Bumdes Citali Kecamatan Pamulihan, Bumdes Jambu Kecamatan Conggeang dan Bumdes Ganeas Kecamatan Ganeas.

Dalam kegiatan launching tersebut dihadiri Kepala Bappenda Kabupaten Sumedang H. Rohendi Dedi Ramdan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sumedang H. Tedi Mulyono dan Kepala Bank bjb Cabang Sumedang serta Kepala Bank bjb Cabang Jatinangor, ketua Forum Bumdesa Kabupaten Sumedang, dan para Ketua Bumdesa.

“Dalam kegiatan launching Bumdesa sebagai tempat pembayaran PBB P2 tahun 2019 ini, tentunya didasari hukum sebagai landasannya Undang undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, Peraturan daerah Kabupaten Sumedang nomor 1 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas peraturan daerah Kabupaten Sumedang nomor 8 tahun 2010 tentang pajak daerah serta perjanjian kerjasama antara pemerintahan Kabupaten Sumedang dengan PT.

Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, tbk Kantor Cabang Sumedang Nomor: 022/SMD-PKS/2017 tentang layanan penerimaan setoran pajak daerah Kabupaten Sumedang,” jelas Kepala Bidang Penetapan dan Penagihan pada Bappenda Kabupaten Sumedang H. Taryudi Hidayat dalam penyampian pidatonya.

Ia melanjutkan, maksud dari kegiatan ini untuk menjalin kemitraan dengan bank bjb Cabang Sumedang dalam pengembagan layanan pembayaran PBB P2 serta untuk memperdayakan Bumdesa sebagai tempat pembayaran PBB P2 serta memberikan kemudahaan bagi masyarakat desa dalam hal pembayaran PBB P2.

“Tentunya, kegiatan lauching ini bertujuan untuk mempercapat dan mengoptimalkan penerimaan PBB P2 yang pada akhirnya diharapkan dapat mendorong peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah di Kabupaten Sumedang. Dalam rangka meningkatkan penerimaan pendapatan khususnya pajak daerah dan salah satunya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) maka harus dilakukan langkah dan upaya konktret dalam rangka Intensifikasi realisasi pajak PBB P2,” katanya.

Dikatakan H. Taryudi, sebagai langkah awal dalam kemitraan/kerjasama tersebut dilakukan MoU anatara Bank bjb Cabang Sumedang Jatinangor dengan Pemda Kabupaten Sumedang dalam layanan pajak daerah dan MoU antara Bank bjb Cabang Sumedang dengan Bumdes Citali Kecamatan Pamulihan, Bumdes Jambu Kecamatan Conggeang dan Bumdes Ganeas Kecamatan Ganeas.

“Dengan diawali MoU tiga Bumdes tersebut, mudah mudahan kedepan bisa dilaksanakan secara bertahap dan mengharapkan disetiap desa ada tempat pembayaran PBB P2 untuk memperlancar setoran atau penerimaan PBB P2,” pungkas H. Taryudi dalam pidatonya.**[Dadi] 

Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment