Tiga Kandidat Calon Sekwan Telah Diusulkan

Gedung DPRD Kab. Sumedang

Kota, KORAN SUMEDANG.
Informasi yang telah di himpun Koran Sumedang beberapa waktu lalu Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir telah mangajukan tiga calon kandidat untuk menjadi Sekretaris Dewan (Sekwan) pada DPRD Kabupaten Sumedang, karena Sekwan Ahmad Kusnadi masa jabatannya akan berakhir. Ketiga calon Sekwan tersebut diantaranya Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Sumedang H. Subagio, Kepala BPKAD Kabupaten Sumedang H. Uus Sundawan dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang H. Sonson.

Dikonfirmasi Koran Sumedang Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Ade Rucita membenarkan bahwa kemarin telah ada Rapat Pimpinan (Rapim) di DPRD Kabupaten Sumedang untuk membahas pengajuan dari Bupati Sumedang untuk calon Sekwan, karena berhalangan hadir masih mudik Rapim tersebut diwakilkan.

“Waktu kemarin itu memang ada Rapat Pimpinan terkait dengan pengajuan Bupati Sumedang untuk calon Sekwan Kabupaten Sumedang, karena saya berhalangan hadir masih dalam rangka mudik jadi diwakilkan untuk hasil Rapim tersebut saya belum menerima informasi lanjutannya,” singkat Ade Rucita saat dikonfirmasi Jumat (14/6) usai rapat paripurna.

Dalam waktu bersamaan, saat dikonfirmasi Koran Sumedang Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang H. Herman Suryatman membenarkan pula dan mengatakan bahwa tinggal menunggu Bupati Sumedang karena itu menjadi Otoritas untuk menyampaikannya.

“Kita tunggu nanti mekanismenya, karena hal tersebut, yang akan menyampaikannya adalah pak Bupati Sumedang yang memiliki otoritas terkait hal itu,” ujar nya kepada Koran Sumedang Jumat (14/6) usai paripurna di lingkungan DPRD Kabupaten Sumedang.

Disinggung, bahwa ada dua kandidat calon Sekretaris Dewan (Sekwan) pada DPRD Kabupaten Sumedang dari tiga kandidat yang diajukan dan masa kerjanya kurang lebih tinggal dua tahun lagi, apakah layak dan sesuai dengan aturan? karena masa jabatan Sekwan hanya lima tahun.

“Terkait dengan dua kandidat yang masa kerjanya tinggal dua tahun lagi itu tidak ada persoalan karena tidak ada aturan, yang terpenting adalah yang bersangkutan mempunyai kwlifikasi dan kompetensi jadi kembali lagi bahwa itu adalah hak prerogratif Bupati Sumedang, pak bupati mempunyai kewenagan untuk menentukan siapa saja kandidat yang Diusulkan ke DPRD Kabupaten Sumedang,” katanya.

Ia melanjutkan, Bupati Sumedang juga berdasarkan hasil dari panitia seleksi dan panitia seleksi juga melakukan Job It, yang telah dilaksanakan terhadap 24 pejabat sehingga masing masing 24 pejabat ini oleh panitia seleksi Job It telah direkomondasi cocoknya di rumpun apa saja, nah, kebetulan yang tiga kandidat calon yang disulkan itu sesuai dengan perumpunan karena Sekwan itu rumpunnya rumpun pemerintahan, dan ke tiga nya adalah rumpun pemerintahan itu normatifnya.

Dipertanyakan apakah jabatan untuk Sekretaris Dewan pada DPRD Kabupaten Sumedang tersebut sudah di Open Bidding, baik dari panitia seleksi atau instansi yang berkaitan dengan penyelanggaraannya?

“Jadi begini, hal tersebut adalah Domainnya DPRD Kabupaten Sumedang yang jelas pak bupati sudah menyampaikan kepada DPRD Kabupaten Sumedang dan DPRD Kabupaten Sumedang akan memberikan rekomondasi dan pak bupati akan menindaklanjutinya,” pungkasnya.**[Dady]

Share on Google Plus

About Koran Sumedang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment