Bupati Sumedang Lantik 55 Penjabat Kades

Kota, Koran Sumedang
Sebanyak 55 Penjabat Kepala Desa Kabupaten Sumedang 2019 resmi dilantik dan diambil sumpah serta janjinya di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, oleh Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir Selasa (2/7).

Pelantikan juga didampingi Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, dengan berdasar kepada Keputusan Bupati Sumedang Nomor 141.1/KEP. 310 - DPMD/2019 tentang pengangkatan Penjabat Kepala Desa di Kabupaten Sumedang Tahun 2019.

Dengan pelantikan tersebut, maka secara resmi kekosongan kepemimpinan di 55 desa yang ada di Kabupaten Sumedang telah terisi sampai dilantiknya kepala desa yang baru.

Pelantikan ini diisi juga dengan penyematan lencana secara simbolis oleh Bupati sebagai tanda Penjabat Kepala Desa telah dilantik.

Bupati dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada para Penjabat Kepala Desa yang baru saja dilantik.

"Semoga saudara-saudara mampu mengemban amanah yang telah diberikan, serta melaksanakan tugas dan kewajiban ini dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan"ucapnya.

Menurut Bupati, sebagaimana telah diatur dalam Undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, keberadaan Kepala Desa memiliki peran strategis dalam pemerintahan desa, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Dalam mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa yang berhenti, baik karena meninggal dunia, atas permintaan sendiri maupun karena diberhentikan, dalam Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 46 ayat (1) dan pasal 47 ayat (1) dengan mempertimbangkan sisa masa jabatan Kepala Desa yang bersangkutan, maka Bupati/Walikota mempunyai kewenangan untuk mengangkat Pegawai Negeri Sipil dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota sebagai Penjabat Kepala Desa sampai terpilihnya Kepala Desa definitif" ujarnya.

Lebih lanjut Bupati berpesan, para Penjabat Kepala Desa agar mampu menjadi pemimpin yang kreatif dan penuh inovasi, pemimpin yang bisa mengangkat potensi desa, serta pemimpin yang mampu menggali dan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki tersebut sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa, serta terus menjaga sinergitas dalam rangka mencapi visi misi Sumedang Simpati.

"Maka dari itu, bangkitkan kembali Bumdes sebagai alat untuk mensejahterakan masyarakat desa, agar bersinergi dengan program yang senantiasa digelorakan oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang, yakni One Village One Product, One Village One Company. Serta yang terpenting saudara-saudara harus senantiasa memperhatikan dan mengakomodir berbagai aspirasi masyarakat yang kian berkembang dan dinamis, untuk kemudian menjadikannya sebagai kontrol publik atas pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai Penjabat Kepala Desa" pungkasnya.**(Fathul Arif)
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment