'Dinasti' Ketua DPK Apdesi Rancakalong Akhirnya ke Demokrasi

Rancakalong, Koran Sumedang
Setiap pemilihan Ketua
DPK Apdesi Rancakalong disebut-sebut selalu gunakan sistem dinasti yaitu main tunjuk dari Ketua DPK yang habis masa baktinya kepada salah satu kades yang disukainya untuk gantikan posisinya sebagai Ketua DPK Apdesi baru tanpa musyawarah dan AD/ART Apdesi.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/7), Camat Rancakalong Ili mengakui adanya hal tersebut. Sebab katanya, jika menggunakan sistem demokrasi para kades itu pada tidak mau, malah justru silih suntrungken.

Kendati demikian, Camat berjanji bahwa pemilihan Ketua DPK Apdesi itu akan dikembalikan ke AD/ART sehingga tidak ada istilah Dinasti. Bahkan kata camat yang baru beberapa hari duduk dikursi camat itu akan lakukan penataan, baik internal maupun eksternal.

Akhirnya Ke Demokrasi
Benar saja, Jum'at (26/7) nampak puluhan perangkat desa berkumpul di kantor Kecamatan Rancakalong. Mereka menggelar musyawarah pemilihan PAW Ketua DPK Apdesi baru karena Ketua DPK yang lama Didin sudah berakhir masa jabatan kadesnya.

Namun untuk jabatan Ketua DPK Apdesinya,masih menyisakan tiga bulan sehingga dilakukan pemilihan PAW Ketua DPK. Dalam musyawarah tersebut Kades Pasirbiru Dadan Rahmat terpilih secara demokrasi sebagai Plt Ketua DPK Apdesi Rancakalong.

Sebelumnya, Kamis (25/7) salah seorang perangkat desa yang minta tidak disebut namanya menuturkan, Apdesi itu bukan milik para kades semata, namun milik semua perangkat desa termasuk para kades.

Sehingga ketika Apdesi diklaim milik para kades kata dia, maka sistim pemilihan Ketua DPK Apdesi  itu tidak mengacu kepada AD/ART. Justru terkesan sistim dinasti, Karena yang ditunjuk jadi Ketua DPK baru tanpa melalui musyawarah mufakat dari semua perangkat desa.

"Seperti halnya pemilihan Ketua DPK Apdesi Rancakalong,dari mulai Ketua DPK Apdesi Ropendi menunjuk Kades Nagarawangi Karyana. Setelah Karyana habis masa baktinya maka dia menunjuk Kades Sukahayu Didin,"tuturnya.**(Yf Saepudin)
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment