KPU Belum Bisa Tetapkan Caleg Terpilih

Bandung, Koran Sumedang
Meskipun Pemilu Sumedang dinyatakan tidak ada gugatan, namun sejauh ini KPU Sumedang belum bisa menetapkan Caleg DPRD terpilih karena masih menunggu surat KPU RI, yang juga masih menunggu surat putusan MK.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Sumedang Ogi Ahmad Fauzi usai gelar rapat evaluasi penyelenggaraan pemilu 2019 bersama PPK se-Kabupaten Sumedang di Hotel Grand Lembang Bandung, Sabtu (13/7).
Kata dia, KPU Sumedang baru bisa melaksanakan para Caleg tersebut paling lambat 3 hari setelah KPU RI meneria surat dari MK terkait daftar daerah yang bersengketa.

"Tapi hingga saat ini, KPU RI belum terima surat dari MK soal daftar daerah yang bersengketa sehingga KPU RI belum bisa keluarkan surat untuk KPU kab/kota terkait dengan penetapan Caleg DPRD terpilih, " tandasnya.

Awalnya sebut Ogi, gugatan Caleg Golkar DPR RI ada di 8 kec di dapil SMS (Sumedang, Majalengka, Subang) yakni 4 kec di Sumedang dan 4 kec di Subang. Namun ketika diproses, gugatan untuk Sumedang dicabut sehingga pemilu Sumedang dinyatakan tidak ada gugatan di MK.

"Ada 2 penetapan yakni ada kab/kota yang duluan menetapkan karena tidak ada sengketa sehingga penetapan itu berbeda jadwalnya antara yang ada sengketa dan yang tidak ada sengketa," ujarnya.

Misalnya tidak ada sengketa, maka kemudian paling lambat 3 hari setelah surat diterima KPU RI baru boleh menetapkan. Sedangkan KPU RI dasarnya surat dari MK yang menyatakan beberapa daerah yang ada gugatan.

Sehingga lanjutnya, meskipun pemilu Sumedang tidak ada gugatan, namun tetap harus ada surat dari MK yang menyatakan bahwa Sumedang tidak ada gugatan yang diserahkan kepada KPU RI, dan setelah itu KPU Sumedang bisa melaksanakan penetapan.

"Tapi hingga saat ini, kami belum tahu MK keluarkan surat keputusan ke KPU RI meskipun sudah berkirim surat terkait permohonan dan permintaan soal daftar daerah yang ada sengketa. Sehingga KPU Sumedang belum bisa menetapkan meskipun tidak ada gugatan," tuturnya.**(yf saefudin)
Share on Google Plus

About Macko

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment