Pangdam dan Kapolda Diarak Kuda Renggong Menuju Lokasi TMMD ke 105

Paseh, KORAN SUMEDANG
Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono, Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Sumedang, Doni Ahmad Munir diarak kuda renggong ke lokasi pembukaan TMMD ke 105 di Desa Padanaan Kecamatan Paseh, Selasa (9/7).

Menurut Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah mengatakan, pada upacara pembukaan TMMD ke-105 Wagub Jabar menjadi inspektur upacara. Yang diikuti 300 peserta upacara yang terdiri dari 150 personil TNI mengikuti upacara tersebut, dan juga itu diikuti juga oleh anggota Polres Sumedang, organisasi masyarakat, Linmas, pelajar sekolah dan Masyarakat.

"Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar, Wakil Gubernur Jabar dan Bupati Sumedang, menunggangi Kuda Renggong yang merupakan salahsatu seni budaya di Sumedang, lalu disambut dengan penampilan tari umbul saat menuju ke tempat Pembukaan TMMD Ke 105," ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim 0610 mengatakan, pada pelaksanaan TMMD ini juga ada beberapa kegiatan, seperti penanaman pohon secara simbolis oleh Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar dan Wagub Jabar juga Bupati Sumedang.

"Saat ini juga ada Pencanangan Bhakti TNI KB kesehatan terpadu oleh Pangdam III Siliwangi. Dan juga pemberian bantuan alat kesehatan secara simbolis serta dilaksanakan peninjauan ke tiap stand kesehatan juga stan yang lainnya. Disini juga kita sediakan warung sawios bagi masyarakat," ucapnya

Lebih lanjut Dandim memaparkan, program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral, dan dalam pelaksanaannya, TNI tidak bekerja sendiri namun menggandeng banyak pihak.

"Untuk TMMD saat ini Sasaran utama, yaitu pengecoran jalan sepanjang 1.000 meter, lebar 2,5 meter, pengerasan jalan 200 meter. kemudian, pembuatan jembatan sungai Cibodas dengan panjang 12 meter tinggi 2,5 meter dan lebar 3 meter. selain itu, rehab jembatan sungai Cijeungjing dengan panjang 17 meter dengan lebar 2,3 meter.
Ada pula pengerjaan jembatan Ciereng, panjang 4 meter, lebar 3 meter dan tinggi 2,5 meter dengan beton plat semi. memiliki empat unit sayap jembatan dengan panjang 5 meter tinggi 2,5 meter, lebar 0,3 meter dilengkapi dengan pilar tengah jembatan panjang 4 meter, tinggi 2,5 meter, lebar 1 meter. selanjutnya, pembuatan Loneng Jembatan sepanjang 3 meter, tinggi 1 meter, lebar 45 cm," ungkapnya

Selain itu lanjut Dandim mengatakan, pada TMMD ini juga ada pengerjaan TPT sebanyak 4 titik dan TPT sayap jembatan sungai Cibodas sepanjang 16,5 meter, tinggi 2,5 meter dan lebar 30 centimeter. lalu, pengerjaan gorong-gorong dan kupas tanah.

"Untuk sasaran tambahan, akan dilaksanakan rehab mesjid, pembuatan MCK dan pengerjaan pos kamling. Selain pengerjaan infrastruktur fisik dalam Program TMMD ke-105 itu, dilaksanakan juga kegiatan non fisik seperti, penyuluhan kesehatan, penyuluhan hukum, penyuluhan kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, keamanan dan ketertiban masyarakat," tandasnya

Pada pembukaan TMMD ke 105 juga dihadiri Danrem 062 Taruma Negara (TN) Kolonel Inf Parwito dan sejumlah unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Sumedang dan juga Oraganisasi Masyarakat dan Pelajaran. ** [Acep Shandy].

Posting Komentar

0 Komentar