Wabup Inginkan Tradisi Ngalaksa Jadi Agenda Wonderful Indonesia

Rancakalong, KORAN SUMEDANG
Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, Erwan Setiawan menginginkan tradisi adat Ngalaksa yang sudah berlangsung sejak abad ke delapan di Kecamatan Rancakalong ini, menjadi agenda tahunan di Kementrian Parawisata atau Wonderful Indonesia.

"Saya berharap upacara adat Ngalaksa ini kedepannya bukan hanya dinikmati oleh masyarakat Rancakalong saja, tetapi juga bisa dinikmati oleh turis mancanegara. Saya juga sangat mengpresiasi kepada masyarakat Rancakalong yang tetap menjaga kelestarian budaya adat Ngalaksa," ujarnya saat membuka Upacara adat Ngalaksa di Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Selasa (16/7).

Erwan berharap, tradisi ngalaksa ini bisa dijadikan agenda tahunan di Kementrian Pariwisata dan masuk dalam wonderful Indonesia.

"Saya akan usulkan agar tradisi adat ngalaksa ini dijadikan agenda tahunan Kementerian Pariwisata atau Wonderful Indonesia. Sehingga bisa nama kabupaten sumedang lebih dikenal lagi dengan berbagai adat kebudayaannya," harapnya.

Masih kata Erwan, adat  ngalaksa Rancakalong merupakan kekayaan budaya milik masyarakat Sumedang dan mudah-mudahan bisa terus konsisten untuk mengembangkannya.

"Kita jangan hanya bangga dengan Sumedang Puser Budaya Sumedang (SPBS) tetapi harus dibuktikan dan dijaga bahkan dikembangkan sampai kapanpun," ujarnya

Erwan menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sumedang akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan seni dan budaya, salah satunya dengan pembangunan Geotheater di Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong. ** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Acep Sandi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment