40 Perusahaan, Buka Lebih dari 5000 Lowongan Pekerjaan di Job Fair Sumedang

KOTA, KORSUM.NET - Dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang akan mengadakan Job Fair (Bursa Kerja) yang akan diselenggarakan pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2019 di Alun alun Sumedang.

Menurut Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran serta mengentaskan kemiskinan, yang sesuai dengan visi misi Bupati Sumedang yaitu Simpati.

"Jumlah penggangguran di Kabupaten Sumedang sampai saat ini mencapai 38.978 orang dari jumlah penduduk 1.146.435 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 9% dari tahun 2017 yang mencapai 505.827 orang," ucapnya saat mengadakan Jumpa Pers di Gedung IPP Setda Sumedang, Jumat (2/8).

Adapun kegiatan Job Fair ini, lanjut Asep, merupakan bentuk kerjasama Disnakertrans Kabupaten Sumedang dengan pemerintah Pusat. Dimana nantinya akan ada 40 Perusahaan yang menyediakan sekitar 5000 lowongan pekerjaan.

"Dan yang lebih menarik lagi, nantinya di job fair, para pelamar akan langsung di interview ditempat oleh perusahaan penyedia lowongan kerja," ujarnya

Asep juga menambahkan, untuk Perusahaan yang hadir di Job Fair nanti, ada perusahaan yang berdomisili di Kabupaten Sumedang, dan dari luar Sumedang.

"Bahkan nanti juga ada lowongan pekerjaan untuk peluang kerja ke Luar Negeri yaitu Jepang. Dan untuk ke Jepang tentunya akan dilatih terlebih dahulu, terutama bahasa Jepang. Sementara lowongan lainnya untuk perusahaan di Bandung dan Jabotabek," tandasnya

Ditempat yang sama Kabid Ketenagakerjaan pada Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Asep Rahmat menambahkan, sebenarnya selain pada Job Fair yang akan dilaksanakan nanti, Disnakertrans Kabupaten Sumedang mempunyai Website Bursa Kerja online yang juga menyediakan sekitar 2500 lowongan pekerjaan.

"Jadi bagi warga yang membutuhkan pekerjaan, bisa mengakses langsung website tersebut," ujarnya

Selain menyediakan lowongan pekerjaan, lanjut Asep, pihaknya juga sudah lama mengadakan program latihan kerja yaitu di Balai Latihan Kerja.

"Alhamdulillah, kita sudah mencetak banyak orang yang terampil setelah mengikuti pelatihan di BLK, seperti rias pengantin, montir, supir forklift serta banyak lagi program latihan lainnya di BLK," tandasnya** [Acep Shandy].
Share on Google Plus

About Acep Sandi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment