KOTA, KORSUM.NET - Pameran Informasi Teknologi dan Promosi Potensi Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019 resmi dibuka Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, di arena pacuan Kuda Sumedang Sindang Raja Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara, rabu (29/8/2019).

Pameran Informasi Teknologi dan Promosi Potensi Daerah Kabupaten Sumedang Tahun 2019 ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan dari tanggal 29 Agustus sampai dengan tanggal 4 September mendatang.

Ratusan stand atau tenda pameran yang disediakan pihak panitia diisi oleh berbagai instansi pemerintah BUMD/BUMN,  Lembaga Perusahaan otomotif dan properti, perusahaan garment, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Sumedang, koperasi yayasan dan perusahaan serta lembaga lainnya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan ada beberapa makna yang bisa diambil dari penyelenggaran pameran IT dan Potensi Daerah. Selain memamerkan potensi dan produk unggulan, pameran  tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat bahkan  memberikan motivasi untuk melakukan perubahan.

Bupati juga menegaskan, pentingnya beradaptasi dengan kondisi zaman agar bisa bertahan dan mengembangkan potensi kreatif di era digitalisasi saat ini. Terlebih bagi pemerintah sebagai penyelenggara negara, kata Bupati, perkembangan IT bisa digunakan untuk mempercepat dan memudahan pelayanan publik agar lebih efektif dan efisien.

"Kita gunakan IT ini sebagai instrumen untuk meningkatlan kualitas pelayanan publik dengan memberikan kecepatan dan kemudahan bagi masyarakat, tapi dengan syarat harus ada ekosistemnya yaitu dibangun masyarakatnya agar melek digital," harap Bupati.

Terkait penerapan IT di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bupati menyebutkan, bahwa pada tahun ini pihaknya akan memberlakukan e-office, dimana dalam pelaksanaannya akan dimulai dari Sekretariat Daerah (Setda) dan Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskipas). Selain itu, ia juga menjamin, penerapan e-office tersebut terstandar dan aman.

"lnsya Allah Mohon doanya, tahun ini kita sedang menyiapkan e-office sehingga bupati maupun kepala dinas dimanapun berada, disposisi tinggal menggunakan handphone agar bisa cepat. Tahun ini e-office mulai diberlakukan  di Setda dan DISKIPAS" jelasnya.

Berkaitan dengan potensi daerah Bupati pun berharap produk yang ditampilkan bisa dicocokkan  dengan pasaran  melalui digital market saat ini.

"Penyelenggaran pameran ini dikatakan berhasil kalau potensi bisa masuk market place, kualitasnya bagus dan bisa memanfaatka  digital market. Jika kita susah membuka market place, kuncinya bekerja sama" pungkasnya.

Sementara kepala  Dinas Komunikasi dan Informatika persandian dan Statistik Iwa Kuswaeri mengatakan, maksud  tujuan  pameran IT dan promosi Potensi Daerah yakni memberikan informasi kepada  masyarakat Sumedang tentang  penyelenggaraan pemerintah berbasis IT."  selain  memberikan  informasi IT kepada warga  juga upaya memberikan  edukasi manfaat penggunaan IT sebagai  sarana promosi produk-produk unggulan yang  ada  di Sumedang," jelasnya.

Ia  berharap dengan adanya  pameran  IT memberikan manfaat lebih yang  bermuar  mendukung program bupati yakni  Sumedang  Simpati." Diharapkan program dapat berjalan selaras sehingga terjalin keterpaduan antara  masyarakat dengan  Pemkab Sumedang," Harapnya**