Butuh 5,6 Miliar Untuk Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

Kota, KORSUM.NET-Pemerintah Kabupaten Sumedang, membutuhkan anggaran Rp.5,6 Miliar untuk melaksanakan Pemilihan 88 Kepala Desa yang dilaksanakan secara Serentak di tahun 2020.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang, H Nuryadin bahwa, untuk kebutuhan anggaran tersebut berdasarkan dengan proposal yang diajukan oleh 88 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak pada tahun 2020.

"Jadi pengajuan anggaran tersebut berdasarkan dari kebutuhan pilkades serentak dari setiap desa, dari mulai tahapan pendaftaran hingga ke pelantikan kades terpilih," ujarnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET di ruang kerjanya, Selasa (13/8).

Lebih lanjut Nuryadin menuturkan, untuk memulai tahapan Pilkades Serentak, pihaknya sudah mengajukan anggaran pada APBD Perubahan 2019 senilai 1,6 Miliar.

"Pengajuan di APBD Perubahan tersebut dilakukan untuk memulai tahapan Pilkades Serentak. Kalau misalkan di acc pada perubahan, insyaallah untuk tahapan bisa dimulai pada bulan oktober tahun ini," ucapnya.

Sementara untuk anggaran Pilkades Serentak per desanya, lanjutnya, itu bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan serta jumlah penduduknya di Desa tersebut.

"Jika berkaca dari Pilkades Serentak pada tahun 2018, kebutuhan desa dalam menyelenggarakan Pilkades itu bisa diangka 60 sampai dengan 50 juta," jelasnya

H Nuryadin menambahkan, panitia Pilkades Serentak dilarang memungut uang baik dari calon kepala Desa ataupun dari masyarakat. Sementara itu untuk calon kepala Desa itu minimal dua orang dan maksimal lima orang.

"Amanat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sumedang nomor 2 tahun 2015 tentang tata cara pencalonan, pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, dilarang ada pungutan terhadap masyarakat ataupun calon kepala Desa. Dan bila ada calon kepala Desa lebih dari lima, panitia wajib mengadakan seleksi," tandasnya
Share on Google Plus

About Acep Sandi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment