KOTA, KORSUM.NET - Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumedang, memulai memusatkan latihan. Calon Paskibra tersebut, merupakan hasil seleksi putra putri terbaik dari SMA/SMK yang ada di Kabupaten Sumedang, serta dari unsur TNI dan Polri.

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, Agus Wahyudin mengatakan, saat  latihan ini memang merupakan bagian penting yang harus dilakukan calon anggota Paskibraka. Untuk persiapan jelang pelaksanaan pengibaran bendera pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun 2019.

“Calon anggota paskibraka yang saat ini mengikuti kegiatan latihan, merupakan calon anggota Paskibra Kabupaten Sumedang, yang sengaja disiapkan untuk petugas pengibar bendera pada tanggal 17 Agustus nanti,” ujarnya pada KORSUM.NET di ruang kerjanya, Kamis (8/8)

Untuk pelaksanaan latihannya, lanjut Agus, tentu akan dibimbing langsung oleh tim pembina dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Sumedang, yang tentunya sudah berpengalaman. Sementara untuk latihannya meliputi latihan materi, fisik, mental dan latihan baris berbaris.

“Nanti selama pemusatan latihan, calon paskibraka akan dikarantina, diberikan materi pembinaan, wawasan kebangsaan, pendidikan mental, pendidikan karakter, fisik dan disiplin," tegasnya

Agus berharap, hasil outputnya nanti generasi muda memiliki rasa nasionalisme, cinta tanah air dan tentunya memiliki prestasi.

"Saya mengharapkan setiap anggota dapat mengikuti latihan sesuai prosedur. Sehingga nanti pada waktunya mereka sudah siap untuk mengemban amanah yang diberikan,” tandas Agus. ***