Demi Tingkatkan PAD, Pemdes Minta Sumbangan dari Warga yang Berqurban

Sumedang Utara, KORSUM.NET-Masyarakat Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara, dikagetkan dengan adanya surat edaran dari Pemerintah Desa yang meminta sumbangan dari masyarakat yang hendak melaksanakan Qurban. Selain itu dalam surat edaran tersebut juga ditentukan tarip yaitu Rp. 20 ribu untuk masyarakat yang akan Qurban Kambing atau Domba, sedangkan untuk yang berqurban Sapi dikenakan tarip Rp. 50 ribu. Adapun maksud sumbangan tersebut yaitu untuk meningkatkan Penghasilan Asli Desa (PAD).

Dimintai tanggapan terkait edaran tersebut, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) H Nuryadin mengatakan, pihaknya sudah menghubungi langsung kepala Desa Kebonjati untuk menanyakan masalah tersebut.

"Tadi saya sudah hubungi langsung, karena ketika saya tanya tidak ada dasarnya. Makanya saya sudah minta uangnya kalau emang ada yang sudah ngasih untuk dikembalikan lagi," ujarnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET di ruang kerjanya, Senin (12/8).

Nuryadin menambahkan, terkait apapun pungutan di Desa itu harus ada dasarnya yang dituangkan dalam Peraturan Desa.

"Jadi desa boleh saja memungut kalau itu sudah ada Perdesnya. Kalau tidak ada ya jangan sampai memungut," tandasnya

Sementara hingga berita ini diterbitkan KORSUM.NET belum berhasil mengkonfirmasi perihal surat edaran tersebut dari pihak Kepala Desa Kebonjati, Dedi Daryono. Ketika dihubungi via telepon selular tidak diangkat, dan melalui pesan singkatnya kepala Desa menjawab.

"Hapunten abdi nuju ngurus gunung kacapi kebakaran.kin tos turun di telpon.ato pendak di kantor desa supados jelas kang. (Maaf saya lagi ngurusin Gunung Kacapi yang lagi kebakaran, nanti kalau sudah turun ditelepon, atau ketemu di Kantor desa biar jelas," jawabannya melalui pesan singkat atau SMS.
Share on Google Plus

About Acep Sandi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment