JATINANGOR, KORSUM.NET-Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) siap menjadi pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul seperti diamanatkan Mendagri. Sehingga akan mampu bersaing diera industri 4.0.

Demikian kata sambutan Rektor IPDN Prof. Dr. H. Murtir Jeddawi dalam upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 digelar dilapangan Parade IPDN, Sabtu (17/8). Rektor IPDN bertindak selaku Inspektur Upacara yang diikuti segenap civitas academika.

SDM Unggul Indonesia Maju lanjutnya, tema yang diangkat dalam peringatan HUT RI ke-74. Tema ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk mewujudkan pembangunan SDM Indonesia disegala penjuru nusantara yang unggul, produktif dan berdaya saing.

Tak hanya SDM yang unggul dibahas, namun rektor juga menyinggung soal perkembangan revolusi industri 4.0 dan persiapan Roadmap Making Indonesia 4.0.

"Menyiapkan SDM menjadi sangat penting karena kita harus mampu bersaing diera industri 4.0, dan kami siap mencetak ASN yang unggul, terampil memiliki skill dapat bersaing secara kompetitif diera industri tersebut," tandasnya.

Sambutan Mendagri yang disampaikan rektor, mengapresiasi berbagai capaian kinerja seluruh komponen di lingkungan Kemendagri. Diantaranya, suksesnya Pemilu 2019 yang aman dan kondusif. Ditetapkanya 12 wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Disamping itu, pembuatan e-KTP yang melampaui target yang ditetapkan 2019 sekitar 85%. Laporan Keuangan Pemda dalam pencapaian dan mempertahankan opini WTP yang semakin membaik.**