Soal PDAM, Ini Langkah Yang Diambil Pemda

KOTA, KORSUM.NET - Kondisi PDAM Tirta Medal sudah diujung ambang kebangkrutan akibat management perusahaan yang tak mampu mempertahankan,  justru semakin memburuk keadaan.

Namun tampaknya Pemda tak mau membiarkan berlama-lama BUMD ini sekarat karena dikhawatirkan terus mati. Pemda segera ambil langkah kongkrit untuk mengembalikan PDAM kepada kondisi sehat.

Di PDAM saat ini sedang proses pembenahan, baik menyangkut soal kinerja, administrasi dan management keuangan. Demikian kata Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suyatman di Gedung Negara, Minggu (25/8).

Bahkan pembenahan PDAM tersebut lanjut Sekda, langsung melibatkan pihak perguruan tinggi, dalam hal ini Unpad.

"Kemarin, kita sudah lakukan review karena sebelumnya ada review BPKP termasuk konsultan indevendent. Terakhir Pemda melalui Inspsektorat sudah melakukan review," tandasnya.

Hasilnya kata dia, sudah di humaskan dalam rangka menata kembali management keuangan maupun management kinerja bersama UNPAD.

Kolapnya PDAM itu dipastikan ada mis-komunikasi management sehingga harus segera diperbaiki termasuk lemahnya pengawasan dari Dewan Pengawas PDAM sendiri sehingga dibuatkan fakta integritas.

"Harapan saya kepada PDAM, secepatnya lakukan perubahan kearah perbaikan. Baik soal keuangan maupun kinerja karena endingnya ke arah pelayanan yang lebih baik," sebutnya.

Seperti dilansir media ini sebelumnya, kondisi PDAM sudah tidak sehat, merugi dan pelayanan makin buruk. Bahkan gaji karyawan tidak terbayar akibat overload-nya jumlah karyawan.

Reaksi Komisi 2 DPRD mencuat hingga lakukan pemanggilan pihak PDAM. Ketua Komisi 2 Dadang Romansyah (DPRD periode sebelumnya) saat itu menilai, PDAM belum bisa hidup secara mandiri karena masih mengandalkan penyertaan modal Pemda yang membuat PDAM hingga kini masih bisa bertahan hidup.**

Posting Komentar

0 Komentar