KOTA, KORSUM.NET - Warga berbondong-bondong mengunjungi stand  pameran informasi teknologi dan promosi potensi daerah pembangunan Kabupaten Sumedang Tahun  2019 di Arena pacuan kuda Sumedang, Kamis (29/8).

Pantauan media ini, meskipun cuaca sedang panas warga tetap antusias mengunjungi stand pameran IT dan promosi daerah pembangunan Sumedang. Terlihat dari ramainya dari seluruh dinas dan kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang yang ikut serta meramaikan kegiatan tersebut .

Salah satu stand yang menarik perehatian warga adalah stand Dinas Pendidikan yang menampilkan aksi Robotik yang merupakan karya kreatifitas dari M. Zaid brata kelas VIII SMP IT Sumedang.

Budiman(45) warga Kelurahan Kota kulon  mengaku mengajak keluarga untuk hiburan berkunjung kepameran mengingat acara tersebut hanya setahun sekali. “Ya, jadi kami tidak ingin menyia-nyiakan acara  seperti ini untuk berlibur,” ungkapnya.

Pengunjung lainnya, Yayat Karyana(55) mengatakan, robotik salah satu hasil karya dari dunia pendidikan Kabupaten Sumedang . “Robotiknya bagus, keren. Tidak salah jika pemerintah terus mendukung dan memfasilitasi bagi siswa yang mempunyai kompetensi dan kreatifitas tinggi,” singkatnya.

Ditempat  yang  sama Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang H. Dian Sukmara  di dampingi  Kabid Sarana Prasarana Dikdas Eka Ganjar, menyampaikan bahwa sektor pendidikan merupakan salah satu kunci penting di era globalisasi saat ini dan seorang guru terus dituntut memiliki kemampuan untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi serta menggunakan teknologi tersebut. Disamping itu prinsip pembelajaran juga wajib memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan nyata Pemkab Sumedang terhadap peningkatan SDM Sumedang,untuk itu jadikan kegiatan ini sebagai wadah bagi para pendidik untuk meningkatkan wawasan, mutu, kompetensi melalui pemanfaatan  teknologi informasi secara sehat, kreatif dan produktif, “ imbuhnya.

Lebih jauh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang H. Dian Sukmara menyampaikan bahwa pameran ini  bertujuan untuk mendorong percepatan pendayagunaan teknologi informasi untuk pendidikan, mengupayakan keberlangsungan pendayagunaan dan pengembangan teknologi informasi untuk pendidikan serta mengembangkan sarana kolaborasi bagi insan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan revolusi industri 4.0 melalui pemanfaatan teknologi informasi." Pungkasnya **