RANCAKALONG, KORSUM.NET - Tempat wisata Curug Pasirwangi Desa Sukamaju Kecamatan Rancakalong merupakan destinasi wisata alam yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan. Namun masyarakat menyebut tempat wisata itu adalah peninggalan Kerajaan Sumedang.

Kades Sukamaju Sutisna dikantornya, Jum'at (23/8) mengatakan, peninggalan kerajaan itu hanya sebatas teka-teki atau dugaan karena belum ada pembuktian dari ahli sejarah dan ahli geologi yang menyatakan secara resmi bahwa curug itu benar peninggalan sejarah kerajaan.

Keyakinan masyarakat lanjut kades, mungkin dikaitkan dengan adanya ornament bebatuan unik yang tersusun rapi dari bawah hingga atas tebing curug seperti bukan karena fenomena alam, namun oleh tangan manusia di waktu jaman kerajaan.

Mungkin juga mitos, karena tempat wisata itu dihubungkan juga dengan adanya legenda dua makam keramat yang dijadikan tempat berziarah yakni Makam Sancang Wangi dan Makam Hanoman.

Kedua makam keramat tepat diatas curug itu dipercaya, dulunya merupakan dua orang tokoh kerajaan berasal dari Cirebon, Namun akhirnya kerajaan itu kalah perang dari Kerajaan Mataram.

"Tapi cerita itu belum bisa dipertanggung jawabkan karena belum jelas latar belakang sejarahnya. Tapi yang jelas, wisata Curug Pasirwangi punya ciri khas ornament bebatuan tersusun rapi yang seperti disusun manusia," ujarnya.

Kades menambahkan, wisata Curug Pasirwangi merupakan inovasi masyarakat desa, membuka kawasan destinasi wisata alam dengan pernyertaan modal Dana Desa yang dikelola Bumdes.**