Tingkatkan Kapasitas Desa Ratusan Peserta, Ikuti Pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia

Darmaraja, KORSUM.NET-Untuk meningkatkan keberdayaan, kemandirian dan menguatnya kapasitas masyarakat, dalam mengambil peran aktif dalam rangka peningkatan kualitas layananan dasar, khususnya bidang pendidikan dan kesehatan. Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Sumedang, melaksanakan pelatihan Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM).

Menurut Ketua Panitia PSDM Klaster 3 yang meliputi kecamatan Jatinunggal, Wado, Darmaraja, Cibugel dan Kecamatan Cisitu, Sridiyanto Wijaya, S.Pd.I bahwa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes, PDT dan Transmigrasi) melalui Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2019 mengalokasikan Dana Operasional Kegiatan (DOK) untuk mendukung kegiatan Pengembangan Sumberdaya Manusia (PSDM).

"Untuk peserta pelaksanaan PSDM  hari ini, diikuti oleh 121 orang  dari unsur Perangkat Desa, TPID, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa dari masing masing desa di 5 Kecamatan atau di klaster 3 Kabupaten Sumedang. Dan PSDM ini akan dilaksanakan selama dua hari hingga besok Kamis (15/8)," ujarnya saat dikonfirmasi KORSUM.NET disela kegiatan PSDM yang dilaksanakan di Gedung PGRI Kecamatan Darmaraja, Rabu (14/8).

Melalui kegiatan PSDM ini, lanjut Sridiyanto, diharapkan dapat meningkatkan keberdayaan, kemandirian dan menguatnya kapasitas masyarakat untuk mengambil peran lebih aktif dalam rangka peningkatan terhadap pengembangan ekonomi local dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur dan kesehatan.

"Pelatihan PSDM ini bertujuan, agar para peserta memahami dan menyadari bahaya tentang stunting, peserta mampu melaksanakan peran dalam konvergensi pencegahan stunting. Selain itu peserta juga diharapkan bisa memfasilitasi pengorganisasian pelaku konvergensi pencegahan stunting dan peserta mampu menyusun rencana kerja RKM," terangnya.

Sridiyanto juga menambahkan, pelaksanaan pelatihan ini tentunya dapat dilakukan secara optimal jika kapasitas yang dimiliki para pelaku yang ada di desa bisa bekerja sesuai tugas, fungsi dan perannya masing-masing.

"Pada pelatihan ini, membahas tentang stunting, dengan menghadirkan narasumber yaitu dari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinas Kesehatan, Tim Inovasi dan Tenaga Ahli profesional P3MD Kabupaten Sumedang," tandasnya.
Share on Google Plus

About Acep Sandi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment