Tingkatkan Pemahaman Terhadap Kolektor, Bappenda Gelar Bimtek Ke Wilayah


H. Taryudi (Kepala Bidang Penagihan) Pada Bappenda
Kota, KORSUM.NET-Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang telah melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap kolektor pajak di kecamatan, desa dan kelurahan guna untuk peningkatan pemahaman, baik dalam pemungutan, Tata cara pembayaran, dan tertib administrasi PBB nya.

“Setelah dibagikannya SPPT secara simbolis pada bulan Maret lalu, Bappenda Kabupaten Sumedang menindaklanjuti dengan menggelar Bimtek di kecamatan, desa dan Kelurahaan yang khusus mengelola PBB, guna untuk meningkatkan pemahaman, baik itu didalam pemungutannya, tatacara pembayarannya serta tertib administrasi PBB nya, agar dalam melaksanakan tugasnya akan sesuai dengan yang ditargetkan,” ungkap Kepala Bidang Penagihan pada Bappenda Kabupaten Sumedang H.Taryudi Hidayat saat dikonfirmasi KORSUM.NET Selasa (13/8) diruang kerjanya.

Makanya Bappenda, kata H. Taryudi, setelah adanya penymapian SPPT itu dilaksanakan Bimbingan teknis terhadap para petugas pemungut yang ada di desa-desa yang dikenal dengan nama kolektor PBB P2.

“Kenapa harus dilaksanakan kegiatan tersebut, Karena pada tahun 2019 ini, ada beberapa desa yang kepala desanya baru, kalau kepala desa nya baru, biasanya ada pergantian petugas yang ditunjuk sebagai kolektor PBB, maka dilaksanakan lah kegiatan bimtek tersebut agar Implementasi pemungutan dilapangannya sesuai dengan aturan yang ada, dan pelaksanaanya bimtek tersebut di perwilayah,”jelasnya.

H. Taryudi melanjutkan, bahwa kemarin sudah dilaksankan bimtek pada para petugas pemungut yang di desa, yang pertama di laksanakannya di Kecamatan Darmaraja, lalu di Kecamatan Ganeas, Kecamatan Cisitu termasuk Situraja. Bimtek kedua dilaksanakan di Kecamatan Jatinunggal, Wado dan Kecamatan Cibugel, serta yang ketiga di Kecamatan Tomo dan Jatigede sementara untuk Kecamaatan Ujungjaya sudah dilaksanakan.

“Untuk sekarang Bappenda Kabupaten Sumedang akan melaksanakan bimtek di wilayah Kecamatan Tanjungmedar dan Kecmatan Surian serta Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung itu belum dilaksanakan bimtek tersebut. Hanya tingal dua wilayah lagi yang belum dilakanakan bimtek itu, dan mudah-mudahan sebelum jatuh tempo sudah dilakasanakan,”sebutnya.

Dikatakan H.Taryudi, maksud dan tujuan bimbingan teknis ini, disamping menyamakan persepsi tentang pengelolaan PBB P2, mereka mengerti tatacara pembayaran, pemungutan, dan bilamana ada SPPT yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan, pengajuan permohonan seperti apa, sehingga wajib pajak PBB P2 ketika ada kekeliruan bisa di fasilitasi.

Share on Google Plus

About Dadi Supriadi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment