PASEH, KORSUM.NET - Masyarakat Dusun Cijeunjing Desa Padanaan Kecamatan Paseh menyambut suka cita acara penutupan TMMD reguler ke 105 tahun 2019.  Mereka mempersembahkan kesenian Kuda Renggong dan  Tari Umbul untuk menyambut sejumlah pejabat yang hadir saat penutupan TMMD berlangsung, Kamis, (8/8/2019).

Kepala Staf  Garnisun Tetap II /Bandung Marsma TNI Drs.Embu Agapitus, M.Si (Han) menaiki kuda  renggong sebelum menutup kegiatan tersebut ditemani oleh Danrem 062/Tarumanagara dan  Sekretaris Daerah Herman Suyatman. Mereka pun sempat terkaget-kaget  dan ketiganya pun naik kuda renggong sekitar 100 meter sampai lapangan lokasi tempat kegiatan di Dusun Cijeunjing Desa  Padanaan.

Masyarakat pun yang hadir menyambut gembira dan bersorak-sorai. "Warga yang menyaksikan acara penutupan TMMD merasa  riang  gembira." Ujar  Kepala Desa Padanaan Dadan dilokasi kegiatan

Sementara itu penutupan TMMD reguler ke 105/2018 di Dusun Cijeunjing Desa Padanaan berlangsung di lapangan desa setempat.

Upacara penutupan TMMD  dihadiri DANREM 062/Tn kolonel inf parwito, seluruh Dandim sw jajaran korem 062/tarumanagara, Paliaison TNI AU Dam lll/Siliwangi kolonel Lek Evik Merdiana, Paliaison TNI AL Dam lll/Siliwangi, Kabekang DAM lll/Siliwangi kolonel Cba Susilo sulistyo utomo, Kabintal Dam lll/Siliwangi, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, dan Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang.

Dalam amanatnya, Drs Marsma TNI Embu Agapitus, M.Si (Jan) menyampaikan amanat bapak Pangdam III /Siliwangi upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke 105 dengan mengambil tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Berkaitan dengan telah selesainya kegiatan TMMD  yang dimulai sejak 10 juli, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat Kabupaten Sumedang seluruh instansi terkait, para tokoh masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan ormas atas semua bantuan dan partisipasinya sehingga TMMD ke 105 ini dapat terlaksana dengan baik.

Pangdam berharap kebersamaan dan sinergi yang telah terjalin selama ini dapat terus dibina dan di tingkatkan baik pada pelaksanaan TMMD, maupun pada kegiatan kegiatan lainnya yang memerlukan sinergi dan kebersamaan dalam memmbantu meningkatkan kesejahtraan masyarakat

Sampai dengan pelaksanaan program TMMD yang ke 105 kali ini, selalu mendapatkan antusias yang cukup baik dari warga masyarakat hal ini membuktikan bahwa TMMD yang dilaksanakan secara lintas sektoral oleh TNI bersama dengan intansi terkait lainnya ini, masih sangat dibutuhkan masyarakat sebagai bagian usaha mempercepat peningkatan kesejahtraan rakyat indonesia.

Bukan saja pembangunan sarana dan prasarana fisik, namun yang tidak kalah pentingnya adalah membangun manusianya itu sendiri membangun jiwa dan raga masyarakat sehingga tumbuh kesadaran masyarakat terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Semangat bersama inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun dan pelihara kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahan nasional yang kokoh."Pungkasnya**(F. Arif)