Kota, KORSUM.NET - Tiga pria mendapatkan perawatan di RSUD Kabupaten Sumedang, akibat sebelumnya mengkonsumsi kopi jantan.

Humas RSUD Kabupaten Sumedang, Iman Budiman membenarkan akan hal tersebut.

"Iya benar hari ini ada tiga orang yang dirawat secara intensif, yaitu Bp. D (58), Y (24) dan M (70)," ujarnya saat dihubungi KORSUM.NET melalui sambungan telepon, Selasa (17/9).

Adapun gejalanya, lanjut Iman, ketiga pria tersebut mengalami linglung, Kepala pusing dan lemas, usai mengkonsumsi kopi jantan yang sama.

"Awalnya mereka tidak mengakui kalau sudah mengkonsumsi kopi jantan. Akan tetapi akhirnya mereka mau mengakuinya dan keterangan dari mereka, semuanya mengkonsumsi suplemen/kopi yang sama. Dan dari keterangan pasien tersebut mereka ada yang mengkonsumsi langsung tanpa campuran dan ada yang dicampur," ucapnya.

Kejadian ini sebenarnya bukan kali ini saja terjadi, sambung Iman, tercatat pihaknya sudah menangani 14 pasien dari bulan Agustus hingga hari ini (17/9).

"Semuanya mengalami hal sama, dan mereka umumnya dirawat 3 atau 4 hari. Dan semuanya alhamdulillah bisa ditangani dan sehat kembali," akunya.

Akan tetapi karena keterangan dari 14 pasien yang sempat dirawat mengkonsumsi suplemen yang sama, tambahnya lagi, pihaknya sudah kordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumedang, untuk melakukan penelitian terhadap produk yang dikonsumsi pasien tersebut.

"Kalau kita hanya perawatan medisnya saja, kemarin kita sudah berikan barang bukti kemasan yang didapat dari istri pasien ke Dinkes untuk diteliti," tandasnya **