Pamulihan, KORSUM.NET - Menindaklanjuti launching program 'Gerakan Generasi Cerdas Eksotik', Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang menggelar Raker Teknis Implementasi  Cerdas Eksotik (Ekspresif, Sholeh dan Beretika) pada Satuan Pendidikan SMP bertempat di Aula Kareumbi Bumi Ciboled Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan, Sabtu (28/9/2018).

Acara dibuka langsung Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dr. Dian Sukmara, Ketua PGRI Kabupaten Sumedang Dedi Suhayat, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Pendidikan Eka Ganjar Kurniawan.

Rapat Kerja diikuti 104 peserta yang terdiri dari para Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Sumedang.

Kepala Bidang Sarana Prasana pada Dinas Pendidikan Ganjar Kurniawan menjelaskan, kegiatan Raker Teknis tersebut merupakan tahapan dalam rangka implementasi Cerdas Eksotik yang pada waktu itu diluncurkan Bupati di Mesjid Agung Sumedang bertepatan dengan satu Muharram.

"Raker ini bertujuan untuk memantapkan pemahaman dan membangun komitmen  para Kepala Sekolah SMP mengenai implementasi program Cerdas Eksotik di Kabupaten Sumedang," tuturnya.

Dikatakan olehnya, Gerakan Generasi Cerdas Eksotik merupakan representasi atau gambaran bagaimana anak bisa ekpresif sholeh dan beretika dalam proses belajar mengajar maupun kehidupan sehari harinya. "Mudah-mudahan program ini bisa dilarutkan ditiap-tiap sekolah baik SD maupun SMP," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dalam arahannya menyampaikan bahwa pelaksanaan program Cerdas Eksotik dapat menjadi sebuah gerakan bersama dalam membentuk generasi cerdas dan berahlakul karimah.

Ia mengatakan, melalui Raker tersebut setidaknya dapat menyamakan visi dan persepsi para peserta dalam mensosialisasikan program Cerdas Eksotik.

"Saya mohon semuanya bisa menjalankan dengan sungguh sehingga bisa memahami dan mengimplementasikan program Cerdas Eksotik ini," ucap Bupati.

Ia pun mengharapkan program tersebut tidak hanya sekedar formalitas, tetapi bisa dihayati dan dijiwai sebagai suatu kebutuhan dalam mendidik anak pada kondisi kekinian.

"Saya yakin kegiatan ini tidak hanya sekedar formalitas. Bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban, tapi betul-betul dijiwai dan dihayati untuk mendidik anak anak kita,"  tutur Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati berpesan kepada para kepala sekolah,untuk melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai Tupoksinya dan ikut mensukseskan program Cerdas Eksotik di Kabupaten Sumedang.

Ia pun mengajak para kepala sekolah untuk menjadi pionir dan teladan dalam menjalankan program tersebut dengan penuh konsentrasi, serius dan fokus.

"Harapan saya para kepala sekolah dapat menjadi pionir karena bapak ibu "pemegang samurainya" di sekolah masing masing. Sekali bapak ibu lembek, gerakan ini tidak akan terlaksana dengan baik. Kalau  fokus, konsen dan serius, program ini akan terlaksana dengan baik," pungkasnya.**