SUMEDANG, KORSUM.NET - Komandan Korem (Danrem) 062/Tarumanagara, Kolonel Inf Parwito didampingi Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh. Novianto Firmansyah berikan pengarahan kepada hampir 800 prajurit, PNS dan Persatuan Istri Tentara (Persit) Candra Kirana di Makodim 0610/Sumedang, Selasa (3/9).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir  Kasilog Rem 062/TN Letkol Inf Iwan Purbantoro, Kasi Pers Rem 062/ TN  Letkol CAJ I. Bagus Pinatih, Kasi Ops Rem 062 /TN Mayor inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, Wabup Sumedang Erwan, Ketua DPRD Sumedang Bapak Atang serta Para Ibu Persit Kartika Candra Kirana Koorcab rem 062 PD III/ Slw (Para istri Kasi Jajaran Korem 062/TN).

"Akhir penugasan prajurit TNI adalah di teritorial wilayah atau yang dikenal dengan Babinsa, akan tetapi bukan berarti tugas seorang Babinsa itu mudah, namun ada tanggungjawab yang besar serta berbagai dinamaika sangat mewarnai Babinsa," ujar Danrem

Danrem juga berpesan, saat bertugas Babinsa jangan sampai terjadi hal hal yang tidak di inginkan, terlebih hingga mengancam keutuhan rumah tangga.

"Selain harus melaksanakan tugas sesuai dengan perintah komanda atas, tidak menutup kemungkinan ada kendala yang menghampiri seorang Babinsa itu, mulai dari hal yang mengancam keutuhan rumahtangga, nyawa ataupun hal lain. Itu semua harus dapat dilalui tanpa ada masalah baru dikemudian hari," tegasnya.

Danrem menambahkan, tugas Babinsa sangat beda, lain halnya saat bertugas di satuan tempur atau batalyon.

"Saya sebut bahwa Babinsa itu 'Superman' sebab, banyak tugas yang diemban seperti, cetak sawah, pendekatan kepada tokoh dan ulama, jaga kondusifitas, jalin sinergitas dengan berbagai pihak serta banyak lagi tugas yang lain," ujarnya.

Olehsebab itu, imbuh Danrem 062, dirinya mengimbau agar para Babinsa tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga mengingat, tugasnya yang semakin kompleks.

"Minimal setiap harinya para Babinsa harus jalan kaki sebanyak 3000 hingga 5000 langkah guna menjaga kesehatan tubuh," tegasnya.

Danrem 062 juga mengimbau, agar seluruh anggota Babinsa Kodim 0610 agar lebih mewaspadai informasi/berita hoax dan penyebaran paham radikalisme yang harus ditangkal secara serius.