KOTA, KORSUM. NET
Telah terjadi kebakaran Lahan Kebun Bambu di Gunung Susuru Pada hari ini, Senin (2/9) mulai Pkl. 10.00 WIB bertempat di Lingkungan Parigi RT 06 RW 01 Kelurahan Pasanggrahan Baru kecamatan Sumedang Selatan.
   
"Tadi siang telah kejadian kebakaran Gunung Susuru di wilayah hukum Kecamatan Sumedang Selatan dilingkungan Parigi, atas kejadian tersebut, 11  Orang Anggota Koramil 1001/kota yg dipimpin langsung oleh Batibung Plt Aji Purwana, 6 Orang dari Dinas BPBD, 4  Orang Dinas Damkar dengan 1 unit kendaraan pemadam, 4 Orang anggota Polsek Smd Selatan dan Ketua RT serta warga setempat,"Ungkap kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Sumedang Yedi saat dikonfirmasi media ini.
   
Dikatakan Yedi, Lokasi kebakaran Lk 400 meter dari Pemukiman warga masyarakat Lingkungan Parigi.
   
"Awal keajdian Menurut keterangan Ketua RT 01 saudara Purwanto melihat kobaran api di Kebun atas kemudian melaporkan kepada Polsek & Koramil. Adapun kebakaran api diperkirakan karena adanya gesekan bambu yg kering yg menimbulkan percikan api dan angin yang kencang sehingga terjadi kebakaran,"katanya.
   
Yedi melanjutkan, Melaksanakan Pemadaman titik api dari semua penjuru baik dari pohon bambu yang sudah kering maupun rumput dan ranting ranting yang berserakan dan berhasil di padamkan oleh alat manual seadanya.
   
"Oleh Tim gabungan dari TNI dan  dinas tarkai, melaksanakan penyekatan dari setiap penjuru utara, selatan, timur dan barat. Dengan cara melaksanakan pembersihan ranting ranting dan pohon pojon yang sudah kering diamankan, membuat penyekatan dengan cara alat  manual,"ujar Yedi.

Ia menegaskan, bahwa dalam kejadian kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, kerugian materil kebun bambu 500 bata terbakar.