Kota, KORSUM.NET-Seperti diberitakan media ini terkait SDN Cisalak IV Desa Cisalak Kecamatan Cisarua yang kondisinya mengkhawatirkan namun masih saja dibiarkan tidak ada perbaikan, bahkan Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Eka Ganjar menyatakan bahwa yang kondisi bangunannya rusak berat dan tidak meng Update di Dapodik maka secara otomatis akan ke Delete.

Kepala Sekolah SDN Cisalak IV Desa Cisalak Kecamatan Cisarua membantah pernyataan kabid Sarana,  bahwa pihaknya selalu mengupdate data dapodik, yang mana menurutnya Dapodik itu adalah Data Pokok Pendidikan dengan sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

"Saur saha teu ngaupdate data dapodik? Pan harita tahun 2017 teh abdi nepangan ka bagian Sapras bari ngabantun profil sakola teras harita keneh abdi ningali di bagian Sapras teh diupdate data ku petugasna,"ungkap Kepsek SDN Cisalak IV Iyar Siti Wiarsih melalui pesan WhatApps, Jumat (13/9).

Beberapa minggu kemudian,  kata Iyar, kembali lagi ke bagian Sarana dan Prasarana, melaporkan bahwa data bangunan sakola sudah diupdate kembali agar dapat dibangun atau direhab.

"Setalah itu ada yang datang ke sakola katanya mau ngambil foto sekolah yang bokbrok dan hasilnya? Sampai saat ini, tiga ruangan kelas belum dibangun. Hasil visitasi akreditasi tanggal 14 dan 15 November 2018 hasilnya A, bari tetep data sapras mah teu dirobih angger direyodkeun sakola teh. Saya berusaha mengupayakan sekuat tenaga supaya yang 7 standar mah bagus,"terangnya.

Lebih jauh Iyar menjelaskan, Kemudian jika hasil visitasinya A mah harus menanyakannya ke assesor. "Da saur assesor teh, Bu Iyar, pami hoyong hasilna A plus mah kantun ngarehab bangunan wungkul, sekalipun abdi apal bahwa bangunan fisik mah sanes tanggel waler ibu tapi tanggel waler pemerintah" begitu kata assessor yang sebenarnya, jadi mana yang katanya pihak sekolah tidak mengupdate  Dapodik? Justru mengherankan segala sesuatunya sudah di tempuh tapi tetap saja," ujarnya meski dalam keadaan sakit.**