KOTA, KORSUM.NET - Polres Sumedang berhasil mengamankan AIS (34), selaku penyebar sekaligus pemeran pria pada video mesum yang menghebohkan warga Sumedang.

Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo mengatakan, AIS diamankan dikediamannya di Kertajati Majalengka, dan dari keterangan AIS, video tersebut direkam sekitar bulan Mei lalu di penginapan yang berada di wilayah Kecamatan Tomo bersama YS (34) pasangan selingkuhannya.

"Jadi AIS diamankan karena diduga yang pertama kali menyebar video mesum tersebut. Motif AIS menyebarkan video tersebut sakit hati karena YS ingin menyudahi hubungan terlarang itu," terang Kapolres di Mapolres Sumedang, Rabu (11/9).

Selain mengamankan AIS, sambung Kapolres, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti terkait kasus video mesum itu.

“Kita amankan bantal dan selimut yang sama seperti pada adegan video Mesum yang beredar. Dan yang terpenting yaitu hanphone milik AIS yang digunakan untuk merekam adegan panasnya," ucapnya

Atas perbuatannya tersebut, AIS dijerat Pasal 45 ayat 1 Juncto Pasal 27 ayat 1 UU RI Nomor 19 tahun 2016 ITE dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara atau Pasal 29 Juncto Pasal 4 Ayat 1 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang pornografi dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

"Saya juga menghimbau agar masyarakat tidak ikut menyebarkan video tersebut," tandasnya **