JATINANGOR, KORSUM.NET - Bukti dukungan terhadap pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Karang Taruna Desa Cipacing menggelar pelayanan kesehatan gratis, di Kampung Madalangu, Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (3/9).

Pelayanan kesehatan gratis ini melibatkan RS Umum Harapan Keluarga. Selain memberikan pelayanan kesehatan, Karang Taruna Desa Cipacing juga melakukan donor darah bagi masyarakat setempat dengan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sumedang.

Kegiatan baksos ini, merupakan rangkaian HUT ke 74 Republik Indonesia, yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

"Ini adalah rangkaian kegiatan yang menghadirkan aktivitas positif bagi seluruh pemuda di Cipacing, " terang Heru Permana, Ketua Karang Desa Cipacing di lokasi kegiatan.

Adapun kegiatan saat ini, sambung Heru, pihaknya menyediakan pelayanan kesehatan gratis untuk warga setempat sebanyak 300 orang, pelayan kesehatan tersebut meliputi chek kesehatan hingga pengobatan bagi warga yang sedang mengalami sakit.

"Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari RS Harapan Keluarga, PMI Sumedang, dan semua unsur yang terlibat, " ujarnya

Sementara itu ditempat yang sama,  dokter umum dari RSU Harapan Keluarga, dr Abiyoga mengatakan, pada pelaksanaan pengobatan gratis ini, umumnya masyarakat mengeluh infeksi saluran pernafasan dan penyakit penyakit metabolic, seperti darah tingi, diabet, kolesterol.

"Dari pengobatan ini, kebanyakan masyarakat mengidap darah tinggi," ucapnya

Abiyoga menambahkan, infeksi saluran pernafasan tersebut bisa dipicu oleh naik turunnya cuaca, sehinga mengakibatkan stamina masyarakat cepat berkurang, Selain itu bakteri dan virus gampang masuk ke dalam tubuh.

Sementara untuk pencegahannya, menurut dia, kami mengimbau masyarakat agar mengkonsumsi makan yang bergizi saat memasuki musim penghujan dan saat musim panas seperti sekarang ini.

"Cukup dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, empat sehat lima sempurnanya diteruskan dan beristirahat yang cukup," tandasnya