Kota, KORSUM.NET - Dipicu para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kembali berjualan disekitar Alun alun Sumedang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) geruduk Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumedang.

Adapun alasan Satpol PP mendatangi Kantor Diskoperindag, karena ada pernyataan dari para PKL bahwa sudah mendapatkan  ijin dari Diskoperindag, untuk kembali berjualan di sekitar Alun alun Sumedang pada hari Minggu (22/9).

"Ya kami memang sengaja datang ke Diskoperindag, karena menurut keterangan PKL sudah meminta ijin ke Diskoperindag. Disisi lain, sebelumnya kami sudah menertibkan PKL karena perintah pa Bupati, untuk Alun alun Sumedang harus steril dari PKL, terlebih saat ini sedang direnovasi," tegas Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang, Deni Hanafiah, saat dikonfirmasi KORSUM.NET, Selasa (24/9).

Deni menambahkan, sesuai dengan perintah Bupati Sumedang, bahwa keberadaan PKL disekitar alun alun harus disterilkan. Terlebih saat ini sedang proses renovasi.

"Tapi terkait permasalahan tersebut saat ini sudah clear, dan keterangan dari Diskoperindag bukan mengijinkan, tatapi baru hasil kajian saja, saat para PKL Audensi ke Diskoperindag. Tetapi saya juga menyayangkan karena waktu ada PKL Audensi, pihaknya tidak dilibatkan," tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Perdagangan pada Diskoperindag Sumedang, Somali membantah pihaknya sudah memberikan ijin terhadap PKL untuk berjualan di sekitar Alun alun Sumedang.

"Kita tidak pernah memberikan ijin ataupun memberi sen ke PKL untuk berjualan," jawabnya singkat. **