SUMEDANG, KORSUM.NET-Berkaca dari keterpurukan dari hasil Pileg 2019, Partai Demokrat (PD) bertekad bangkit di pada Pileg tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Cabang (MPC) PD Kabupaten Sumedang, H. Erwan Setiawan, didepan puluhan kader DPC PD Kab. Sumedang pada Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrat ke-18 di Sekretariatnya, Lingkungan Perumahan Ibnu Sina, Desa Mekarjaya, Sumedang Utara, Senin (9/9).

Menurutnya, keterpurukan yang dialami Partai Demokrat pada Pileg 2019 ini, merupakan sebuah ujian. Untuk itu kader PD harus mulai bangkit dari sekarang, jangan sampai keterpurukan ini terus berlanjut.

"Berkaca dari keterpurukan ini, pihaknya akan melakukan pembenahan di tubuh partai. Kita siapkan tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh di dapil masing-masing untuk Pileg selanjutnya. Dan kita juga akan berbenah ditiap ranting, untuk memperkokoh basis PD," tegasnya pada KORSUM.NET usai menghadiri HUT PD ke 18.

Untuk itu lanjut Erwan, kita targetkan di tahun 2022   kepengurusan DPC hingga ranting dapat tersusun. Sehingga pada bisa tersusun siapa saja yang akan maju di Pileg 2024 nanti. Selain itu caleg harus terjun dari sekarang, sehingga kehadirannya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Minimal tahun 2022 itu sudah siap. Kita hitung dulu berapa suara kita, mana basis suara kita dan mana kantong suara lawan, jadi jelas kedepannya. Jangan satu tahun sebelumnya disiapkan, daftar terus jadi caleg, itu kan namanya kader instan. Dan kita juga akan usahakan masuk ke basis suara partai lain, untuk mendongkrak suara PD," ucapnya

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua DPC Demokrat Kab. Sumedang, H. Otong Dartum mengatakan, pihaknya akan segera menyelenggarakan Musyawarah Cabang yang akan diikuti oleh semua tingkatan ranting untuk memilih ketua PAC.

Sehingga nanti dengan Muscab tersebut, dijadikan momentum untuk evaluasi hasil Pileg 2019 yang tidak sesuai dengan yang ditargetkan. Yaitu satu dapil satu kursi, tapi dalam kenyataannya dari 6 dapil yang ada, hanya dua orang yang berhasil duduk di kursi DPRD.

"Kita dan Ketua MPC mesti bertindak untuk kembali membesarkan Partai Demokrat. Dan untuk itu, kita harus merubah strategi, mindset yang salah satunya caleg kita harus betul-betul yang baik, yang disenangi oleh masyarakat dan harus disiapkan dari sekarang," ujarnya

Otong juga menambahkan, saat ini dengan perolehan dua kursi, pihaknya sedang mengatur strategi bagaimana kader kita yang juga ketua MPC PD, Erwan Setiawan bisa melanjutkan tugasnya di tahun 2023, dan bagaimana bisa terus melaju ke tahun 2027.

"Ini merupakan target target kami, bagaimana PD bisa terus duduk.di kursi DPRD dan juga terus mengabdi kepada masyarakat," tandasnya **