Kota, KORSUM.NET - Meskipun pembangunan jalan Tol Cisumdawu belum tuntas, namun Bupati Sumedang sudah menaruh asa atau harapan. Jika nanti Tol itu sudah tuntas, maka di sepanjang ruas jalan Tol itu, Pemda Sumedang akan punya keuntungan.

Bahkan, kata Bupati Dony Ahmad Munir, harapan ini sudah bergerak di MoU secara umum dengan pihak CKJT berkaitan pengelolaan ruas area jalan Tol Cisumdawu yang akan dilakukan satuan CKJT berkerjasama Rest Area.

"Kami minta CKJT, semua Rest Area harus menampilkan produk unggulan Sumedang. Bahkan, salah satu Rest Area itu milik Pemda Sumedang yang tentunya paling luas diantara ke-4  Rest Area di sepanjang ruas jalan Tol," ungkap bupati usai Jumpa Pers di IPP, Jumat (4/10).

Namun, katanya lagi, Rest Area milik Pemda itu belum bisa disampaikan karena masih proses komunikasi. Sebab yang diminta, Rest Area kelas A yaitu paling besar karena harus dilengkapi mesjid cukup besar.

Di dalam Rest Area harus ada tampilan produk usaha kecil masyarakat Sumedang termasuk tampilan iklannya. "Biasanya daerah hanya dapat pajaknya saja, tapi kami minta vendornya yaitu perusahaan daerah," ujarnya.

Sehingga ada 3 keuntungan yakni PBB-nya, Keyboot-nya dan pajaknya. Bahkan tenaga kerja, semuanya harus warga Sumedang. Termasuk kisi-kisinya atau merek harus bermuatan lokal, namun bernuansa modern.**