SUMEDANG, KORSUM.NET - Bertarung di Kejuaraan Taekwondo Open Internasional Championship Bali Indonesia 2019, Atlet Taekwondo asal Perum Bumi Cipacing Permai, Desa Cipacing,  Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Alika Ridho Apriyanto (13) kembali mencatat sejarah setelah berhasil menyabet gelar juara di turnamen yang digelar di Gor Purna Krida, Badung, Pulau Dewata  Bali, 25-27 Oktober 2019.

Alika yang kini masih berstatus siswa kelas 7 H di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rancaekek ini menyabet medali emas setelah berhasil mengalahkan pesaing-pesaingnya di kelas Kyorugi 49 Kilogram.

Tentu, ini menjadi catatan tersendiri bagi warga Sumedang. Sebab, bocah tersebut bisa mengalahkan pesaing-pesaingnya dari Asia maupun Eropa.

Sebelumnya, anak dari pasangan Bripka Sunarto, Anggota Unit Polsatwa Dit Samapta Polda Jawa Barat dan Sarah (40) ini pernah meraih sejumlah prestasi di Kejuaraan Taekwondo tingkat daerah, tingkat nasional, maupun tingkat Internasional.

Selama mengikuti 13 kali kejuaraan, bocah tersebut berhasil menggondol 5 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

Bripka Sunarto, orangtua Alika mengatakan, semangatnya Alika untuk menjadi juara dan membawa pulang medali emas kejuaraan internasional itu memang luar biasa.

" Hasil ini tidak terlepas dari bimbingan dan dukungan dari pelatih Taekwondo Bandung Intens(TBI) Puskopad Sumedang yang selalu memberikan semangat kepada Alika, sehingga semakin membuatnya semangat untuk meraih prestasi,” ucap Sunarto diwawancara  di kediamannya,  Rabu 30 Oktober 2019.

Dikatakan Sunarto, selama Alika mengikuti berbagai kejuaraan Taekwondo merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya selaku orangtuanya, meskipun harus merogoh kocek yang cukup lumayan.

" Karena selama ini belum terfasilitasi oleh pemerintah daerah setempat, sampai saat ini masih menggunakan biaya pribadi," Ya mudah-mudahan saja kedepannya ada perhatian dari pemerintah daerah, " tuturnya.

Sumber : iwo