Rancakalong, KORSUM.NET - Sesosok bayi masih hidup yang berjenis kelamin laki laki ditemukan warga Dusun Cibawang Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong, di saluran air pinggir Jalan Tol Cisumdawu.

Kapolsek Rancakalong AKP Supriadi melalui Kasium AIPTU Rohana mengatakan, bayi berjenis kelamin laki laki yang masih hidup tersebut ditemukan warga Dusun Cibawang pada hari Kamis (10/10) sekira pukul 07.00 wib di saluran air pinggir Jalan Tol Cisumdawu.

"Penemuan bayi tersebut diduga dibuang oleh ibu kandungnya, dan saat ini bayi tersebut dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sumedang, setelah sebelumnya ditangani oleh Puskesmas. Tetapi karena peralatan medisnya kurang lengkap, bayi tersebut dibawa ke RSUD," tuturnya.

Adapun kronologi penemuan bayi tersebut, sambungnya, sewaktu Yeti (47) warga Cibawang sedang mengepel lantai rumahnya, kemudian datang Eruk (60) yang memberitahukan ada penemuan bekas darah di kamar mandi rumahnya. Kemudian Yeti memberitahu suaminya Tata (53), dan langsung mengecek dan ditemukan ada bekas darah di pinggir tembok kolam miliknya.

"Kemudian setelah ditelusuri ditemukan bayi di saluran air pinggir tol Cisumdawu. Dan langsung memberitahukan ke kepada RW," ujarnya

Berdasarkan hasil pemeriksaan Puskesmas Rancakalong, yang ditangani Bidan Puskesmas Lilis, sambungnya lagi, bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki namun bayi tersebut mengalami aspiksi /gangguan sesak ( sewaktu lahir tidak menangis ).

"Bayi tersebut lahir diperkiran kurang lebih 2 ( dua ) jam, adapun bayi tersebut berjenis kelamin laki- laki dengan tali pusar sudah dalam keadaan lepas. Dan saat ini sedang dalam penanganan RSUD Sumedang," tandasnya **