Kota, KORSUM.NET - Bupati H. Dony Ahmad Munir mengancam akan menghentikan aktivitas galian C yang tidak memiliki ijin atau ilegal. Sejauh ini, disinyalir masih ada perusahaan galian C yang belum memiliki ijin resmi sehingga terlepas dari kewajibannya membayar pajak daerah.

Dalam waktu dekat ini, Pemda Sumedang akan lakukan cek lapangan sekaligus penertiban semua pengusaha galian, dan jika terbukti ada pengusaha galian C yang tidak punya ijin, maka aktivitasnya harus dihentikan.

"Hentikan aktivitasnya, dan pengusaha galian itu segera lakukan proses perijinan sesuai aturan terutama reklamasinya harus dijalankan supaya alam tidak rusak oleh ulah pengusaha yang tidak bertanggungjawab," tandas Bupati di Islamic Centre, Selasa (8/10).

Oleh sebab itu, lanjut bupati, akan intruksikan kepada Sat Pol PP untuk menertibkan para pengusaha galian C yang tidak punya ijin. Pengusaha ilegal tersebut harus memperoleh ijin terlebih dahulu sebelum aktivitasnya dilanjutkan.

Ditambahkan, melalui perbaikan sistem dalam rangka meminalisir pelanggaran aturan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah.**