Kota, KORSUM.NET - Anggota DPRD Kabupaten Sumedang Fraksi PKS, Rahmat Juliadi berharap promosi kedepalapan pejabat eselon II yang baru saja dilantik harus melakukan inovasi, sesuai dengan yang disampaikan pada Open Bidding.

Adapun proses pelantikan dan pengambilan sumpah janji delapan orang pejabat eselon II yang telah dilantik oleh Bupati Sumedang. Pada perjalanannya semua tahapan proses seleksi sangat baik. Meski ada beberapa hal-hal yang harus diperkuat di beberapa Dinas.

"Saya berharap semua inovasi yang mereka sampaikan pada open bidding bisa dibuktikan oleh mereka setelah dilantik ini. Sementara untuk jabatan-jabatan teknis seperti Kepala Dinas Kesehatan, PUPR hingga Dirut RSUD ini cukup spesifik, artinya kita dari DPRD akan melihat kinerja mereka. Karena jika melihat tadi orang-orang yang dilantik kinerjanya cukup bagus, dan banyak yang diluar dugaan," ucapnya pada KORSUM.NET ketika dikonfirmasi usai pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan di Gedung Negara, Senin (30/9).

Sementara untuk pelantikan ini, sambung Rahmat, merupakan jawaban dari rasa penasaran segelintir masyarakat di Sumedang ditengah kekosongan jabatan yang sudah cukup lama dan sehingga cukup mengganggu kinerja SOPD tersebut.

"Mudah-mudahan dengan dilantiknya pejabat sekarang ini, bisa membawa angin segar dan semangat baru. Tentunya kita  apresiasi, karena semua tahapan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sebelumnya sempat ada prasangka-prasangka ada penumpang gelap dari tim sukses lah. Tapi saat ini terjawab sudah," terangnya

Akan tetapi, untuk saat ini, kita belum bisa menilai secara personal bagaimana kinerja para pejabat yang telah dilantik.

"Jika mereka sudah melakukannya apa, itu baru kita berikan apresiasi. Tapi kalau saja sudah bertugas, tetapi belum ada perubahan atau malah mundur. Tentunya kita akan kritisi," sambung Rahmat

Kemudian untuk pejabat eselon II dari luar Sumedang yang terpilih seperti RSUD, lanjutnya lagi, saya bilang ini sebuah surprise. Terlepas ada isu sumbang tentang orang ini.

"Tapi saya pikir ini bukan masalah, selagi dia bisa memimpin RSUD dengan baik. Karena jika melihat rekam jejaknya itu sudah berpengalaman," ucapnya

Politisi Senior PKS ini menambahkan, justru yang menarik adalah sosok Kepala Disbudparpora. Karena saat ini Bupati-Wakil Bupati telah mendeklarasikan Sumedang sebagai Kota Pariwisata, tentu akan tantangan tersendiri, dengan menunjuk Kepala Dinas yang merupakan dari latar belakang seorang Camat.

"Ini surprise, karena dinas ini akan menjadi ikon kedepan. Awalnya kita prediksi yang akan menjadi Kadisbudparpora, adalah orang yang sudah cukup lama disitu, tapi ternyata prediksinya meleset. Jadi saya ingin melihat bisa tidak orang yang enggak punya pengalaman di Disbudparpora, kemudian dia terpilih dan punya inovasi tersendiri, sesuai dengan yang mereka presentasikan pada assessment kemarin," tandasnya **