Kota, KORSUM.NET - Dua pelaku yang diduga pelaku pembuangan bayi di Dusun Cibawang Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong, tepatnya disalurkan air pinggir Jalan Tol Cisumdawu. Berhasil diamankan jajaran Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sumedang.

Adapun kedua pelaku tersebut yaitu, YN (18) asal Dusun Cibawang Desa. Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong yang merupakan Ibu dari bayi tersebut dan pasangannya AO (17) asal Dusun Gamlung Desa Pamulihan Kecamatan Pamulihan, yang masih berstatus pelajar disalah satu Madrasah di Kecamatan Pemulihan.

"Kedua terduga pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres Sumedang, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Nikki Ramdhani, Jumat (11/10).

Sementara dari keterangan terduga pelaku, sambungnya, terduga pelaku membuang bayi dengan cara menggendong bayi tersebut. Kemudian pelaku mengambil 2 (dua) helai daun pisang dan Membungkus bayi dengan daun pisang tersebut. Lalu, setelah itu pelaku menyimpan bayi tersebut di selokan yang berada di dekat proyek tol Cisumdawu.

"Jadi awal ketahuan akan melahirkan, yaitu disaat pelaku akan buang air besar, pelaku mengeluarkan sedikit flek darah dan merasakan seperti ada yang akan keluar dari alat kelamin pelaku. Kemudian pelaku keluar dari dalam rumah menuju ke dekat kolam yang berada di dekat rumah pelaku.  Lalu, pelaku duduk di dekat kolam kemudian pelaku melahirkan seorang bayi laki-laki yang akhirnya dia buang ke saluran air dekat proyek tol Cisumdawu," terangnya

Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 308 KUH Pidana dengan ancaman kurungan diatas 5 tahun. "Saat ini kedua terduga pelaku masih kami lakukan pemeriksaan lanjutan," tandasnya

Seperti diberitakan KORSUM.NET sebelumnya, warga Dusun Cibawang Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong, heboh dengan adanya penemuan bayi berjenis kelamin laki laki yang masih hidup di saluran air pinggir proyek pembangunan jalan tol Cisumdawu, Kamis (10/10) sekira Pukul 07:00 WIB.

Kemudian setelah mendapatkan penanganan dari Puskesmas Rancakalong, bayi tersebut dibawa ke RSUD Kabupaten Sumedang untuk mendapatkan perawatan.***