Jatinangor, KORSUM.NET - Polres Sumedang bagikan sekitar 140 helm secara gratis pada para pengendara roda dua yang kedapatan tidak memakai helm di saat melintas di jalan raya Bandung-Sumedang tepatnya depan gerbang pintu masuk Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor, Kamis (10/10).

Menurut Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo didampingi Kasatlantas AKP Iim Abdurrahim mengatakan, pihaknya sudah memberikan sekitar 150 buah helm terhadap para pengendara motor yang melintas yang tanpa menggunakan helm.

"Kegiatan kali ini sengaja dilaksanakan di depan gerbang masuk Unpad, mengingat masih banyak adik adik mahasiswa menuju kampus tidak memakai helm saat mengendarai roda dua," ujarnya pada sejumlah wartawan.

Adapun kegiatan bagi bagi helm secara gratis ini, sambung Kapolres, sebagai upaya mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas dan sosialisasi jelang Operasi (Ops) Zebra Lodaya 2019 yang akan dilaksanakan pada 25 Oktober hingga 5 November 2019 nanti.

"Kami harapkan semua warga Sumedang dapat lebih mengetahui manfaat memakai helm saat berkendara roda dua sebab, penggunaan helm, selain sebagai upaya meminimlisir terjadinya angka kecelakaan terutama yang menggunakan kendaraan roda dua. Pasalnya dari data kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua, dimana korbannya banyak yang masih diusia produktif," ujarnya

Kapolres juga menambahkan, moment kampanya keselamatan berlalu lintas ini, akan diselenggarakan secara berkelanjutan.

"Jadi kegiatan ini, tidak berhenti disini saja, nanti kita lihat moment moment lainnya. Kampanya kan harus terus dilakukan agar bisa menjadi kebiasaan," tandasnya

Kegiatan ini disambut positif oleh
Ketua BEM FH Unpad Kelvin, karena dengan kegiatan tersebut, bisa secara langsung mengedukasi para pengendara sepeda motor, khususnya bagi mahasiswa, tentang keselamatan berlalu lintas.
"Tentu saja ini sangat positif, dan kalau bisa lebih ditingkatkan serta diperluas lagi kepada masyarakat," harapnya.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, yang dihadiri juga Waka Polres Sumedang Kompol Sigit Rahayudi, Kasatintelkam AKP Kurniawan, Kasatlantas AKP Iim Abdurohim, Kasatbinmas AKP Baban, Kapolsek Jatinangor Kompol Denny Ginanjar serta pihak Rektorat Unpad DR.Edward dan DR.Daim. **